Air Terjun Situmurun Yang Aduhai

Komentar

Jalan-jalan ke Sumatera Utara anda akan mendapati banyak air terjun yang unik, ketika anda berwisata di Danau Toba, anda juga akan menemukan air terjun yang berasal dari mata air dan langsung mengalir ke Danau. Air Terjun Binangalom namanya, disebut Binangalom karena airnya berasal dari Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kota Parapat, Sumatera Utara.

Sumber : coretansangitik

Air Terjun Binangalom atau yang sering disebut dengan nama Air Terjun Situmurun tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun ini adalah berenang dan bersantai dan pastinya abadikan momen. Jika anda tidak pandai berenang, anda masih dapat menggunakan pelampung untuk menikmati air danau toba. Akan tetapi, Anda tidak boleh berenang terlalu dekat dengan air terjun dikarenakan arusnya cukup deras.

Sumber : sangitik

Di pinggiran air terjun terdapat sebuah landasan yang sepertinya sengaja dibuat oleh pemerintah atau masyarakat. Untuk menuju ke Air Terjun Binangalom sendiri Anda dapat menyewa kapal dengan tarif sewa mulai dari Rp 500.000 – Rp 600.000 per kapal. Anda juga dapat menikmati pemandangan burung bangau yang sedang mencari ikan di sekitar danau. Waktu yang paling tepat untuk menikmati Air Terjun Binangalomadalah saat senja hari, sambil menikmati matahari tenggelam.

Keberadaan air terjun ini hampir terlupakan. Dulu Air Terjun Situmurun merupakan tujuan wisata favorit di Kota Parapat selain batu gantung yang sudah tersohor terlebih dahulu. Tapi krisis ekonomi membawa perubahan orientasi wisatawan. Sewa kapalnya dianggap cukup mahal oleh wisatawan lokal, membuat destinasi ini hanya diminati oleh wisatawan mancanegara berkantung tebal.

Created by : Berli

Baca Juga