Air Terjun Manikmoyo Wonogiri

Wonogiri, Kota yang akan membuat rindu siapa saja yang pernah berkunjung. Karena kondisi jalannya yang berkelok, naik turun dan menanjak bagaikan arena permainan roller coaster, sehingga sering dijuluki kota 1001 jeglongan. Lagi-lagi kota ini punya kejutan tempat wisata. Hmm, di artikel saya akan membawa anda untuk mengenali wisata Air terjun Manikmoyo, salah satu air terjun dalam kawasan Girimanik, Setren kecamatan Slogohimo.

Air Terjun Manikmoyo Wonogiri 4
Foto by Fendy Sapto

Girimanik merupakan wisata air terjun yang berloksi di selatan gunung lawu. Aksesnya bisa ditempuh dari pusat kota wonogiri menuju slogohimo ketimur kearah ponorogo. Lokasinya berada di pegunungan slogohimo dengan ketinggian diatas 500mdpl. Pemandangan menuju lokasi kita akan disuguhi dengan perbukitan di seberang yang tampak gagah dan hijau. Semakin keatas hawanya akan semakin dingin, sehingga tak heran jika diatas kita akan menemukan area perkebunan seperti, kol, kubis tembakau dan sayuran lainnya.

Foto by Fendy Sapto

Jalan yang menanjak dan berbelok tajam tidak memungkinkan mobil masuk sampai ke air terjun, sehingga hanya motor saja yang diijinkan. Yuhuu, sensasi pemandangan yang tak kalah takjub diatas ketinggian. Air terjun manikmoyo adalah salah satu dari 3 jenis air terjun yang bisa dijumpai di girimanik. Air terjun manikmoyo ini memiliki tinggi sekitar 70m dan merupakan air terjun terdekat dari pintu masuk lokasi. HTM hanya dikenai Rp.5000,- saja dengan tariff parkir di sekitar area yang tak jauh dari bumi perkemahan sebesar Rp.2000,-.

Foto by Fendy Sapto

Nahh, selain kita dapat melihat air terjun yang exotis ini, jika cuaca mendukung puncak mahameru dapat kita saksikan dari atas ketinggian dekat air terjun ini. Air yang begitu bersih dan sangat dinginseakan membekukan segala kepenatan. Gemericik air terjun dipadu aliran air diantara sela-sela bebatuan  benar-benar membawa suasana yangsejuk,  tenang dan mendamaikan .

Foto by Fendy Sapto

Jika anda berkunjung ke girimanik ini jangan lupa mencicipi oleh-oleh getuk goring khas slogohimo yang harganya terjangkau. Selamat mencoba keindahan panorama Air terjun manikmoyo di kota wonogiri, kota 1001 jeglongan.

Hits: 291

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Baca Artikel Lainnya