Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta

9 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki banyak pesona dan daya tarik. Selain menjadi pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya, Jakarta juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dan mengesankan. Namun, tidak semua orang memiliki anggaran yang cukup untuk menikmati wisata di Jakarta. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Tempat-tempat ini tidak kalah seru dan indah dengan tempat wisata berbayar lainnya. Kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, teman, atau pasangan bersantai di tempat-tempat ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu coba:

Monumen Nasional
Gambar : Pexels.com

Monumen Nasional : Simbol Kemerdekaan dan Kebanggaan Bangsa Indonesia

Monumen Nasional merupakan  salah satu tempat wisata gratis di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Monas berdiri megah di tengah lapangan Merdeka sebagai simbol kemerdekaan dan kebanggaan bangsa Indonesia. Kamu bisa naik ke puncak Monas dengan menggunakan lift gratis dan menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 115 meter. Kamu juga bisa mengunjungi museum sejarah dan ruang peringatan yang ada di dalam Monas.

Monas buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, kecuali hari Senin. Kamu bisa mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang mudah dilepas, karena kamu harus melepas sepatu saat masuk ke dalam Monas. Kamu juga bisa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen berharga di Monas. Kamu bisa berfoto di depan Monas, di taman sekitarnya, atau di puncak Monas. Kamu juga bisa mengambil foto dari berbagai sudut yang menarik.

Gambar: Agung Malun

Taman Suropati : Taman Kota Tertua di Jakarta

Taman Suropati adalah tempat wisata gratis di Jakarta yang cocok untuk kamu yang ingin bersantai di tengah kota. Taman ini terletak di kawasan Menteng, salah satu kawasan elit di Jakarta. Taman ini memiliki luas sekitar 16 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan bunga-bunga cantik. Kamu bisa berjalan-jalan, bersepeda, bermain, atau piknik di taman ini.

Taman Suropati juga memiliki daya tarik lain, yaitu berbagai patung karya seniman dari negara-negara ASEAN yang menghiasi taman ini. Kamu bisa melihat patung-patung yang menampilkan budaya, sejarah, dan simbol dari masing-masing negara. Kamu juga bisa belajar tentang kerjasama dan persahabatan antara negara-negara ASEAN di taman ini.

Gambar : National Galerry of Indonesia

Galeri Nasional Indonesia : Tempat Menikmati Seni dan Budaya

Galeri Nasional Indnesia terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat. Galeri ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan terdiri dari tiga gedung utama, yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung D. Kamu bisa melihat berbagai karya seni dari seniman Indonesia maupun mancanegara, mulai dari lukisan, patung, instalasi, hingga fotografi.

Galeri Nasional Indonesia juga sering mengadakan pameran dan acara seni yang menarik. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti workshop, seminar, diskusi, atau pertunjukan seni di galeri ini. Kamu juga bisa belajar tentang sejarah, konsep, dan teknik seni dari para kurator, peneliti, atau seniman yang ada di galeri ini.

Gambar : Pexels.com

Pantai Indah Kapuk 2: Wisata Pasir Putih di Jakarta

Pantai Indah Kapuk 2 atau PIK 2 merupakan tempat wisata gratis di Jakarta yang menawarkan hamparan pasir putih yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan laut dan langit biru di pantai ini tanpa harus membayar tiket masuk. Kamu juga bisa berenang, bermain pasir, atau berfoto-foto di pantai ini.

Pantai Indah Kapuk 2 juga memiliki fasilitas dan atraksi lain yang bisa kamu nikmati. Di kawasan PIK 2, kamu bisa menemukan kolam renang, kafe, restoran, hingga wisata hutan mangrove. Kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, teman, atau pasangan di sini. PIK 2 menjadi destinasi yang menarik bagi pengunjung yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan di tengah gemerlap kota Jakarta.

Gambar : Jakarta Tourism

Hutan Kota GBK : Oasis Hijau di Tengah Kota

Hutan Kota GBK, dengan luas sekitar 10 hektar, merupakan tempat wisata gratis di Jakarta yang dikelilingi oleh berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi. Kamu bisa menyediakan ruang untuk berjalan-jalan, bersepeda, bermain, atau piknik di hutan kota ini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan spektakuler deretan gedung tinggi Jakarta di sekelilingnya.

Hutan Kota GBK juga sering menjadi tuan rumah untuk berbagai acara dan festival yang menarik. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti konser musik, pameran seni, bazar kuliner, atau lomba-lomba di hutan kota ini. Kamu juga bisa belajar tentang lingkungan, konservasi, dan keanekaragaman hayati di hutan kota ini.

Gambar: Orami.com

Kawasan Kota Tua : Jelajahi Beragam Suasana Mengasyikan

Kawasan Kota Tua merupakan tempat wisata gratis di Jakarta yang memiliki banyak pesona dan daya tarik. Kamu bisa menjelajahi berbagai bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perkembangan kota Jakarta. Kamu juga bisa melihat berbagai museum yang menyimpan koleksi-koleksi menarik, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, dan lainnya.

Kawasan Kota Tua juga menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Kamu bisa menikmati suasana di luar ruangan, terutama di sekitar Museum Fatahillah yang merupakan salah satu ikonnya. Di sini, kamu dan keluarga dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bermain gelembung balon, mengelilingi area dengan sepeda ontel, atau merasakan sensasi terbang layang-layang. Kamu juga bisa duduk santai sambil mengabadikan momen-momen berharga dalam foto.

Gambar : Liptutan6.com

Tebet Eco Park : Tempat Bersantai dan Belajar di Tengah Kota

Tebet Eco Park terletak di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan yang menggabungkan konsep taman kota dan pusat edukasi lingkungan. Tebet Eco Park memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan terdiri dari berbagai zona, seperti zona hutan, zona air, zona tanaman, zona kompos, dan zona energi terbarukan. Kamu bisa berjalan-jalan, bersepeda, bermain, atau piknik di taman ini.

Tebet Eco Park juga memiliki fasilitas dan atraksi lain yang bisa kamu nikmati. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman, hewan, dan serangga yang hidup di lingkungan kota. Kamu juga bisa belajar tentang cara-cara menjaga dan memelihara lingkungan, seperti membuat kompos, menanam sayuran, atau memanfaatkan energi matahari. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pengelola taman, seperti workshop, seminar, atau lomba-lomba.

Gambar :Mindatour.com

Danau Setu Babakan : Tempat Menyaksikan Kebudayaan Betawi

Danau Setu Babakan terletak di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan yang menampilkan kebudayaan Betawi, suku asli Jakarta.  Danau Setu Babakan memiliki luas sekitar 32 hektar dan terdiri dari dua danau buatan, yaitu Danau Setu Babakan dan Danau Setu Mangga. Kamu bisa menikmati pemandangan danau dan sawah di tempat ini.

Danau Setu Babakan juga memiliki fasilitas dan atraksi lain yang bisa kamu nikmati. Di sini, kamu bisa melihat berbagai rumah adat Betawi, seperti rumah panggung, rumah joglo, dan rumah limasan. Kamu juga bisa menyaksikan berbagai kesenian dan pertunjukan Betawi, seperti lenong, tanjidor, marawis, dan ondel-ondel. Kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Betawi, seperti kerak telor, soto betawi, nasi uduk, dan bir pletok.

Gambar :constructionplusasia.com

Lapangan Banteng : Taman Kota dengan Monumen Bersejarah

Monumen ini berdiri di tengah lapangan sebagai pengingat perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda. Kamu bisa melihat monumen ini dari dekat dan belajar tentang sejarahnya.

Lapangan Banteng juga menawarkan berbagai fasilitas untuk berolahraga dan bersantai. Seperti bermain bola, voli, basket, atau futsal di lapangan yang luas. Selain itu juga bisa bersepeda, jogging, atau yoga di sekitar lapangan. Kamu juga bisa menonton pertunjukan air mancur yang digelar setiap weekend secara gratis. Kamu bisa duduk di bangku taman atau di rumput hijau sambil menikmati pemandangan dan suasana lapangan.

Itulah rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kamu bisa menikmati liburan yang seru dan hemat di ibu kota. Selamat berlibur! 🌞

Referensi:

Menggugah.com

Hits: 71

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Artikel Lainnya