Mengeksplore Empat Pulau Ternama di Berau, Kalimantan Timur

Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki selalu menjadi mimpi bagi semua orang. Pulau terpencil dengan pantai yang memiliki kelembutan pasir putih, laut yang murni, dan keindahan bawah laut yang menakjubkan selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau ini memang salah satu daerah terkaya di dunia dengan keanekaragaman hayati dan merupakan urutan ketiga yang menjadi tempat menyelam terbaik. Letaknya sendiri berada di Kalimantan Timur, Kabupaten Berau.

Rute transportasi

Berikut waktu penerbangan yang perlu dilewati untuk sampai ke Bandar Udara Kalimarau. Dari Bandara Soekarno Hatta ( CGK ) menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ( BPN ) Balikpapan memakan waktu tempuh sekitar 2 Jam perjalanan, lalu transit menuju ke Bandara Kalimarau ( BEJ ) kurang lebih 45 Menit. Perlu diingat bahwa perbedaan waktu Jakarta dan Berau adalah 1 Jam.

cotage drawan

Setelah sampai di Bandar Udara Kalimarau, berikutnya kita lanjutkan perjalanan dengan transportasi darat menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu, yang dimana pelabuhan ini menjadi titik start untuk menuju Pulau Derawan mengunakan speedboat. Untuk mencapai Pelabuhan Tanjung Batu, dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari Berau (sesuai kecepatan setir mobil) dan untuk nyebrang ke Pulau Derawan dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pelabuhan Tanjung Batu.

Setelah tiba di Pulau Derawan banyak sekali spot eksotis dan keindahan yang bisa kita dapat seperti gambar dibawah ini :

  1. Cottage
  2. Sepeda untuk keliling Pulau Derawan Rp 25.000,-/sepeda ( 3 Jam )
  3. Banana Boat Rp 50.000,-/orang ( One Way )
  4. Ufo Boat Person Rp 50.000,-/orang ( One Way )
  5. Sunset
  6. Snorkling dan lain sebagainya

Pulau Maratua

Setelah puas di Pulau Derawan, kalian bisa mengexplore Pulau Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Untuk mencapai Pulau Maratua, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Pulau Derawan menggunakan speedboat. Mungkin kalian akan merasakan yang nama nya mabok laut, tapi semua akan terbayar setelah sampai disana. Bisa dikatakan Pulau Maratua hampir mirip dengan Pulau Maldives karena memiliki pantai dengan pasir yang lembut putih dan air biru jernih. Namun tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan melainkan lebih untuk bersantai, snorkeling, dan berfoto.

Pulau Kakaban

Lanjut dari Pulau Maratua, kalian bisa langsung menuju ke Pulau Kakaban dengan memakan waktu sekitar 20 menit. Pulau Kakaban merupakan salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan. Kenapa? Karena di Pulau Kakaban terkenal dengan binatang ubur-ubur yang tidak menyengat saat di sentuh, dan kalian dapat berenang bahkan bermain serta berfoto dengan ubur-ubur secara langsung. Tapi ada larangan nya juga ya guys, dilarang menggangkat ubur-ubur keluar dari air!

Pulau Sangalaki

Setelah bermain ria dengan ubur-ubur, cus kalian juga bisa langsung beranjak ke Pulau Sangalaki dan memakan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan menggunakan speedboat. Di Pulau Sangalaki sendiri terkenal dengan penangkaran penyu dimana banyak telur penyu yang sudah siap menetas dan bahkan kalian bisa melihat langsung proses bayi-bayi penyu yang sedang berusaha untuk keluar dari cangkang telurnya. Ok, Pulau Sangalaki menjadi tujuan terakhir saya saat itu dan dengan berat hati saya harus kembali menuju ke Pulau Derawab untuk istirahat karena keesokan harinya harus kembali ke Berau.

Oh iya, sebelum meninggalkan Berau, diusahakan kalian dapat menyempatkan diri untuk kuliner dan menikmati makanan di Berau seperti terutama “Martabak Terang Bulan Al Marjan”; “Bubur Depot Hokky” dan makanan ringan di “Tepian Sungai Segah Berau” serta lain sebagainya. Setelah itu jangan lupa membeli beberapa souvenir untuk teman-teman di Jakarta ya guys. Cheers!

Hits: 747

Baca Artikel Lainnya