Berita KlubKlub

Retreat Klub Be The Light 2019

"Keterbukaan Awal Kuasa Tuhan Bekerja"

“Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.” (Markus 4:22)

Dua tahun silam, Klub Be The Light (BTL) Backpacker Jakarta menyelenggarakan acara retreat yang pertama. Di tahun 2019 ini dan atas perkenanan Tuhan, BTL kembali menyelenggarakan acara retreat yang diberi tema “Keterbukaan Awal Kuasa Tuhan Bekerja” yang terambil dari kitab Markus 4:22.

Baca juga: Retreat Be The Light “Taste And See”

Retreat kedua ini dihelat di Kinasih Resort & Conference di kawasan Caringin, Bogor, pada 17-18 Agustus 2019. Pembicaranya adalah Pdt. Rinto Langitan atau akrab disapa Bang Rinto yang membawakan Firman Tuhan dengan fokus pada pembahasan tentang “Pemulihan Hati Bapa & Gambar Diri”. Selain itu ada juga ibadah yang disertai malam rekonsiliasi.

Tepat pukul 07.00 WIB, ke-53 peserta yang dikoordinir oleh Viona dan Deny sebagai CP berkumpul di Sekretariat Backpacker Jakarta yang menjadi lokasi meeting poin. Sekitar pukul 08.15 WIB, diawali dengan doa, peserta berangkat menuju Wisma Kinasih yang memakan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Tak lupa, bertepatan dengan Dirgahayu Kemerdekaan RI seluruh peserta menggunakan dresscode bernuansa merah (cewek) dan putih (cowok).

CP Retreat BTL 2019
Merah Putih Dirgahayu RI
Retreat BTL 2019

Setelah tiba, peserta beristirahat di kamar dan selanjutnya rangkaian acara retreat dimulai. Diawali dengan pembukaan dan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Retreat, Deny Oey, dan Admin Be The Light, Bunga Anastasia, acara dilanjutkan dengan makan siang sebelum memulai ibadah sesi pertama.

Quality time

Tepat pukul 13.00 WIB, ibadah sesi ke-1 dimulai. Semua peserta berkumpul dan bersehati untuk memuji dan menyembah Tuhan. Selanjutnya, Bang Rinto sebagai hamba-Nya menyampaikan Firman Tuhan tentang “Gambar Diri”. Tak hanya itu, di akhir sesi khotbah ada altar call dimana banyak peserta maju dan menerima hatinya dijamah oleh Tuhan.

Sesi Ibadah
Bang Rinto membawakan Firman Tuhan

Baca juga: Liputan Ziarek Cirebon & Kuningan Klub Be The Light

Selesai ibadah, acara tak berhenti sampai di situ saja. Ada pembagian kelompok dan games untuk memeriahkan acara retreat. Berhubung masih dalam nuansa kemerdekaan, para peserta mengikuti games yang dimulai dari lomba yel-yel, kuis seputar alkitab, dan juga kuis tentang nasionalisme serta kemerdekaan, sampai lomba memindahkan air dalam gelas tanpa menyentuhnya dan tidak boleh tumpah.

Usai sesi games yang sangat seru itu, peserta kembali ke kamar masing-masing untuk bersih-bersih dan dilanjutkan makan malam sebelum memulai ibadah sesi ke-2. Di ibadah kedua sekaligus malam rekonsiliasi, Bang Rinto kembali membawakan Firman Tuhan dengan tema “Pemulihan Hati Bapa”.

Ibadah dan malam rekonsiliasi

Disini, peserta ditantang untuk melakukan rekonsiliasi pada orang-orang yang dibencinya, orang-orang yang pernah menyakitinya baik itu teman, pasangan, saudara bahkan orang tua. Saat altar call, banyak peserta maju ke depan dengan hati yang remuk dan hancur namun sebagai anak Tuhan harus memberikan pengampunan dan mengasihi. Seluruh peserta, panitia sampai penatalayan menikmati hadirat Tuhan di malam itu.

Altar call

Keesokan harinya, ada saat teduh untuk mengawali minggu pagi dan dilanjutkan snack dan coffee break. Acara berikutnya adalah Sunday Service/Ibadah Hari Minggu atau ibadah ke-3 di rangkaian acara retreat ini. Selesai ibadah, acara dilanjutkan dengan sarapan dan performance grup.

Performance grup

Kali ini, panitia kembali mengacak peserta ke grup baru dimana masing-masing grup wajib mempertunjukkan performance. Ada yang menyanyi, koreografi, menyajikan drama, parodi sampai membaca puisi. Tak lupa, panitia retreat juga ikut tampil dengan menyanyikan lagu “Be The Light”.

Acara pun diakhiri dengan pengumuman pemenang, pembagian hadiah, pembagian merchandise serta foto bersama yang menjadi tanda berakhirnya Retreat BTL 2019. Pukul 13.30 WIB, peserta berkumpul di bus untuk melanjutkan perjalanan kembali pulang ke Jakarta. Kurang lebih selama satu jam, bus tiba di meeting point sekretariat Backpacker Jakarta di Cawang-UKI.

Grup yang menjadi juara
Penyerahan hadiah
Pemenang voucher

Terima kasih untuk teman-teman yang hadir dan berpartisipasi di acara Retreat BTL 2019. Semoga acara ini menjadi berkat dan pulang bukan dengan tangan hampa, tetapi dengan hati baru untuk lebih mengasihi dan mengampuni sebagai umat yang berkenan di hati-Nya. Sampai jumpa di acara Be The Light selanjutnya.

Tuhan Yesus memberkati.

Tim Penatalayan
Panitia Retreat
Author: Deny Oey member of Be The Light
Editor: @febe_shinta
Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *