Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Terkadang membedakan antara gula aren dan gula kelapa memang sulit karena tampilan keduanya sangat mirip.

Terlebih dua jenis gula tersebut sama-sama populer dalam pembuatan kue, namun mana yang lebih baik bagi kesehatan?

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki cita rasa manis dan paling sering digunakan di dapur.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, Anda harus mengetahui perbedaan gula aren dan kelapa secara signifikan agar tidak salah mengenalinya.

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa
Sumber Foto : unsplash

Ketika membuat kue atau memasak beberapa sajian, biasanya orang lebih suka menggunakan gula aren atau gula kelapa.

Akan tetapi, terdapat sejumlah perbedaan antara gula aren dan kelapa yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

1. Warna

Perbedaan tersebut bisa Anda lihat dari segi warna, sebenarnya warna gula aren lebih terang ketimbang gula kelapa.

Gula area biasanya berwarna kuning kemerahan, sedangkan gula kelapa berwarna coklat gelap kemerahan.

2. Rasa

Perbedaan gula aren dan kelapa juga terdapat pada cita rasa yang dimiliki meskipun rasa kedua jenis gula ini nyaris sama. Pasalnya, gula aren memiliki aroma lebih kuat, spesial, dan unik karena banyak mengandung gula tebu.

3. Tekstur

Tidak hanya pada rasa dan warna saja, Anda juga bisa melihat perbedaan dari gula aren dan kelapa pada teksturnya. Gula aren memiliki tekstur lebih empuk ketimbang gula kelapa yang memiliki tekstur sedikit keras.

4. Bahan Baku

Pembuatan gula aren menggunakan bahan baku nira pohon aren sedangkan bahan pembuatan gula kelapa dari nira pohon kelapa. Nira sendiri merupakan cairan yang berasal dari proses sadapan batang tanaman.

5. Proses Pembuatan

Gula aren dan gula kelapa memiliki proses pembuatan yang berbeda, gula aren dicetak menggunakan batok kelapa dan diberi bahan tambahan lain.

Sedangkan gula kelapa hanya menggunakan cairan pohon kelapa sebagai bahan dasar kemudian diolah dan dicetak.

6. Sifat Organoleptik

Sifat organoleptik antara area dan kelapa juga bisa dibilang berbeda, dari karakter ini gula aren tergolong lebih unggul. Di dalam gula aren terdapat sejumlah kecil vitamin, asam amino, antioksidan, dan lainnya.

7. Kandungan Gizi

Gula kelapa memiliki kandungan gizi 45 kalori, 12 gr karbohidrat, 12 gr gula, 0 gr lemak, serta 0 gr protein. Sedangkan kandungan gizi pada 100 gram aren 268 kalori, 95 gr karbohidrat, 75 mg kalsium, 35 mg fosfor, 3 mg besi, dan 4 mg air.

8. Cara Menggunakan

Biasanya gula aren atau kelapa sering digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman karena rasa yang kuat. Gula aren sering dipakai untuk membuat minuman atau campuran kopi sedangkan gula kelapa sedangkan gula kepala sering dibuat campuran makanan tradisional.

9. Indeks Glikemik

Perbedaan komposisi dalam gula aren dan kelapa yang berbeda membuat indeks glikemik dua jenis gula ini juga berbeda. Indeks glikemik gula kepala ada 35 dan indeks glikemik pada gula aren adalah 75 jadi dua kali lebih tinggi dari aren.

10. Harga

Harga gula aren bubuk tergolong lebih murah ketimbang gula kelapa karena terdiri dari beberapa jenis bahan sebagai komposisi.

Sedangkan harga gula kelapa 2 kali lebih tinggi dari gula aren karena menggunakan bahan murni dari nira pohon kelapa.

Berdasarkan penjelasan perbedaan di atas tentu Anda bisa melihat bahwa gula kelapa lebih sehat ketimbang gula aren.

Selain gula kelapa lebih mahal, bahan baku gula ini juga menggunakan nira dari pohon kelapa tanpa campuran apa pun serta indeks glikemik lebih rendah.

Gula aren dan gula kelapa memang berbeda namun masih banyak orang suka menggunakan gula aren bubuk dengan membelinya di Blibli.

Blibli adalah platform belanja online terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dengan harga terjangkau dan layanan terbaik.

Hits: 57

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Baca Artikel Lainnya