Editor PicksMasjidMasjid

Mengintip 10 Masjid Termegah Di Indonesia

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang indah.

Berikut 10 masjid terindah di Indonesia yang akan membuat siapa pun yang melihatnya menghela nafas kagum:

Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Depok

Masjid Dian Al-Mahri yang berada di Jln Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kabupaten Depok, Jawa Barat dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Masjid yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid pada tahun 2006 ini memiliki luas kurang lebih 8.000 meter persegi dan dapat menampung jama’ah sekitar 20.000 orang.

Selain sebagai tempat ibadah bagi umat muslim, kawasan Masjid Kubah Emas ini juga menjadi tempat wisata religi yang menarik perhatian banyak orang karena kemegahanya.

Foto by Pinterest

Masjid Al-Akbar, Surabaya

Masjid Agung Al-Akbar merupakan masjid ketiga terbesar di Indonesia. Masjid Al-Akbar ini dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid. Masjid yang berada di samping jalan Tol Surabaya – Porong, di Jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya ini memiliki kubah besar dengan 4 kubah kecil dengan struktur seperti daun berwarna biru-hijau.

Foto by Widhiwafiyya

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur mulai dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968. Masjid yang dirancang oleh arsitek Ir Suseno ini banyak mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Pada tahun 2000, Masjid Agung An-Nur direnovasi kembali.

Bangunan Masjid Agung An-Nur ini terdiri dari tiga lantai dan tiga buah tangga. Di bagian atas terdapat 13 buah pintu dan di bagian bawah ada 4 buah pintu. Terdapat juga fasilitas pendidikan playgroup, TK, SD, SMP, SMA, perpustakaan, aula, ruang pertemuan, dan kantor.

Foto by Pinterest

Masjid Islamic Centre, Samarinda

Masjid Islamic Centre Samarinda terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur merupakan masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi, bangunan Masjid Islamic Centre Samarinda ini memiliki 7 menara dengan menara utama memiliki tinggi 99 meter. Menara ini terilhami dari Masjid Nabawi Madinah dan kubahnya terilhami dari Masjid Haghia Sophia Istanbul.

Foto by Haluan

Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Foto by Merdeka

Masjid Raya Baiturrahman, NAD

Sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Mesjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid berarsitektur termegah di dunia. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Mesjid ini juga merupakan salah satu mesjid tertua dan terindah di Indonesia.

Foto by Pergimulu

Masjid Agung, Semarang

Berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, masjid ini dibangun pada 6 September 2002 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006. Masjid Agung ini dibangun di lahan seluas 10 ha dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Yunani. Gaya bangunan jawa diwakili oleh desain tanjung di bawah pilar utama. Sedangkan gaya Yunani tergambarkan dalam 25 pilar berwarna ungu di plaza utama. Masjid Agung ini juga dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup otomatis.

Foto by Rainbows

Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid Al-Irsyad dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010.Di dalam masjid, terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan sebuah tulisan nama Allah. Masjid yang tidak memiliki kubah ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil. Masjid Al-Irsyad ini menyabet penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2010. Terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, masjid ini terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan sebuah tulisan nama Allah.

Foto by Sistem Informasi Masjid

Masjid Agung Sumenep, Madura

Masjid Agung Sumenep ini dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Somala dengan arsitek Lauw Piango pada tahun 1779 M. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1787 M. Masjid Agung Sumenep ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 50 meter di sebelah barat masjid. Di halaman masjid, tumbuh pohon sawo dan pohon tanjung yang memiliki makna filosofis agar tidak meninggalkan salat lima waktu.

Foto by Pixabay

Masjid Agung Tuban, Jawa Timur

Masjid Agung Tuban terletak di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Bibangun pada tahun 1894 ini memiliki konsep bangunan yang unik mirip bangunan 1001 malam. Ornamen-ornamen masjid ini sangat menarik dengan kubah besarnya yang berwarna biru dan kuning.

Foto by Kaffah

Nah, itulah 10 Masjid Termegah di Indonesia yang dapat kalian nikmati sebagi tempat beribadah dan juga sebagai tempat wisata religi. Semoga dengan dibangunnya masjid-masjid ini akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

Referensi by http://www.klikhotel.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close