Home / Blog / Quality Time / “Mengenali Alexa Rank dan Page Rank Sebagai Toolbar Perangkingan Situs/Blog”

“Mengenali Alexa Rank dan Page Rank Sebagai Toolbar Perangkingan Situs/Blog”

Berikut adalah resume dari hasil sharing and discussion dalam Forum Quality Time bersama Fitri Yuhana, Member BPJ 12, dengan Tema ” “Mengenali Alexa Rank dan Page Rank Sebagai Toolbar Perangkingan Situs/Blog”, mari kita simak bersama…

Pembahasan Materi:

  1. Apa itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah tolak ukur untuk mengukur popularitas suatu situs atau blog, semakin ramping nilai Alexa Rank yang dimiliki suatu situs blog berarti akan semakin baik posisi di mesin pencarian dan disinyalir blog tersebut berarti paling tidak memiliki visitor atau pengunjung berlimpah. (wikipedia.co.id).
Analisis penilaian dan perhitungan mengenai Alexa Rank dilakukan oleh perusahaan bernama Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.
Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

  1. Apa itu Page Rank Google?

Google Page Rank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. Google Page Rank (biasa disebut PR) pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page, co-owner Google, algoritma Page Rank telah berubah selama bertahun-tahun seperti kebanyakan algoritma Google lainnya, bahkan algoritma PR adalah rahasia umum yang terjaga dengan baik.

  1. Apa perbedaan Alexa Rank dengan Page Rank?

Keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni perangkingan situs atau blog, bedanya terletak pada metode perangkingan yang digunakan. Jika Page Rank pake teknik rangking google dan biasanya di update 3 bulan sekali, sedangkan Alexa Rank menggunakan teknik Alexa dan diupdate 1 bulan sekali.
Selain itu, rangking yang diberikan Alexa pada umumnya dari besar ke kecil dari jutaan sampai 1, semakin kecil artinya semakin baik. Sedangkan Google Page Rank perangkingan dari kecil ke besar dari 1-10. Semakin besar Page Rank itu dimiliki artinya semakin baik.

4. Faktor apa saja yang bisa mempengaruhi pengrangkingan Alexa Rank dan Page Rank?

  • Optimasi Search Engine (SEO);
  • Jaringan Sosial;
  • Komentar;
  • Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web);
  • Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web).
  1. Apa keuntungan memasang Alexa Rank atau Page Rank Google bagi blogger?

Menurut saya PR sangat penting karena dengan PR tinggi  kita bisa mendapatkan uang dengan mudah dan disamping itu juga dengan PR tinggi kita bisa menduduki rangking teratas dalam mesin pencarian google.
Alexa Rank juga sangat penting untuk anda menyewakan pasang iklan yang berbayar di blog kita, oleh karena itu Alexa Rank berfungsi untuk mengetahui kestabilan trafik blog kita.

 

Closing statement :

“Boleh jika kalian menganggap menulis itu hobi, tapi ingat jika kalian bisa tekun dan rutin Menulis, pundi pundi rupiah itu akan datang dengan sendirinya, dengan tingkatkan kualitas tulisannya dan perbaiki rankingnya”.

 

Sesi Tanya Jawab :

  1. Pertanyaan:Apakah Alexa Rank ini bisa dipakai untuk mengukur popularitas akun seseorang? Contoh Twitter/IG seleb.?

Jawaban: Sejauh ini Alexa Rank ini toolbar yang digunakan untuk situs atau blog. Sebenarnya ya goalnya biar situs atau blognya muncul pertama di mesin pencarian. Toolbar Alexa Rank ini ada  yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Tanggapan : Oh beda ya, dulu kayaknya pernah ada yang sejenis ini, tujuannya untuk mengukur seberapa pengaruhnya web/akun seseorang. Mungkin ukurannya dari seberapa banyak pengunjung dan respon positif.

  1. Pertanyaan:Cara mengatur Alexa di blogger bagaimana?

Jawaban: 

  1. Optimasi Search Engine (SEO);
  2. Jaringan Sosial;
  3. Komentar;
  4. Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web);
  5. Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web).
  1. Pertanyaan: Disebelah mana kita bisa lihat misalnya di blogger?

Jawaban: Kalau cara ngantur Alexa Rank, caranya seperti tadi yaitu maksimalkan faktor- faktor yang sudah disebutkan di atas di situs atau blog kalian (di artikelnya).

  1. Pertanyaan:Jadi kalau mau liat di blog berapa ribu, harus masuk ke Alexa ya?

Jawaban: Buat cek saja, setidaknya bisa jadi motivation kan, ada penjelasan lainnya misalnya mau tau berapa nilai yang bisa gambarin Alexa Rank nya paling bagus.

  1. Pertanyaan: Alat pembanding bagaimana maksudnya? mungkin bisa diberi sedikit contoh?

Jawaban: Jadi begini, alat pembanding di sini yaitu Page Rank, dengan adanya Page Rank kita jadi tahu bahwa arti sebuah apresiasi terhadap web/blog popular atau tidak dibedakan dari dimana posisi halamannya di Google.

  1. Pertanyaan: Page Rank sama Search Engine pasti ada hubungannya bukan? lalu apa hubungannya itu antar keduanya?

Jawaban: Iya hubungannya seperti ini, sebagai salah satu dari poin yg bisa memaksimalkan web/blog berada di posisi paling bagus di perangkingan diantara web/blog yg ada.

  • Optimasi Search Engine (SEO)
  • Jaringan Sosial
  • Komentar
  • Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web)
  • Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web)
  1. Pertanyaan: Page Range buat nentuin dimana letak tulisan kita ya?

Jawaban: Betul, seperti yang dibilang dan dishare tadi, karena Page Rank ini buatan Google jadi hanya posisi di halaman google.

  1. Pertanyaan: Di Alexa, Facebook ada di urutan kedua, tp di Page Rank, Facebook belum tentu ada di halaman pertama, kalau keywordnya tidak ada hubungannya dengan FB?

Jawaban: Nah itu,  kebanyakan di dunia menggunakan toolbar Alexa Rank ini, updatenya pun sebulan sekali, berbeda dengan Page Rank yg 3 bulan sekali. Malah sempat baca di salah satu situs, Page Rank sudah lama tidak diupdate lagi.

  1. Pertanyaan: Itu kan tadi yang dishare adalah langkah kita cek web di Alexa. Trus disebutkan juga bahwa ada keuntungan kalau kita pasang. Nah jadi alexa atau pagerange bisa dipasang diweb/blog pribadi kita juga? Dipasang macem gadget di blog gitu?

Jawaban: Secara umum bisa kalau mau liat detailnya dalam setiap waktunya, caranya join jadi membernya di www.alexa.com. Kalau cuma cek-cek doang dan tidak join juga ga apa-apa,  tinggal cek saja sesuai yg sudah dicontohin langkahnya tadi.

  1. Pertanyaan: Jadi penggunaan Alexa itu bisa join atau sekedar cek-cek gitu saja ya?

Jawaban: Bisa join kok,  masuk saja ke www.alexa.com.

 

(Narasumber : Fitri Yuhana – BPJ 12)

About dimasgalih

Check Also

Kubbu BPJ dan RS Firdaus Kupas Mitos Fakta Pendakian Gunung

Tahun 2017 adalah tahun kembalinya saya ke dunia petualang. Yap, setelah sebelumnya mengisi liburan dengan …