Main ke Perpustakaan DKI Jakarta Yang Kids Friendly Banget

Akhir-akhir ini aku lagi kedapetan banyak job sampingan yang mengharuskanku untuk pergi ke perpustakaan mencari banyak buku sebagai referensi, dan juga tempat yang cozy untuk ngerjain. Maklum, aku hanyalah single mother yang tengah berusaha mencukupi  kebutuhanku dan anakku satu-satunya. Jadi, segala jenis pekerjaan sampingan seperti tugas kuliah, skripsi dan bahkan laporan keuangan hingga laporan pajak pun aku garap semua yang penting jadi cuan.

Tapi karena aku bisa ngerjainnya di weekend, otomatis Maryam anakku pasti harus aku bawa. So, berkat beberapa informasi dari temen, sampailah aku ke Perpustakaan Daerah DKI Jakarta yang kabarnya udah dibuka lagi dengan tampilan baru dan diresmikan oleh Bapak Gubernur Anies Baswedan.

Lokasi Perpustakaan Jakarta ini ada di Jl. Cikini Raya No. 73 atau 1 kompleks dengan Taman Ismail Marzuki , dan untuk mengunjunginya diperlukan registrasi akun terlebih dahulu. Baiknya sih kita registrasi duluan di web Jak Literasi . Jadi sampai di lokasi udah tinggal scan barcode akun kita, dan tinggal masuk deh mengikuti arahan petugas.

Tapi kalau mau registrasi on the spot juga bisa kok dibantu dengan petugas disana. Intinya, nggak ribet kok untuk bisa masuk kesini.

Setelah check in, kita akan diminta untuk menitipkan tas ke bagian loker. Disana kita akan diberikan tas plastik dan ID Card untuk memindahkan barang yang kita bawa seperti laptop, dompet, alat tulis, handphone.

Jika sudah, kita tinggal naik keatas dan silakan mencari spot terbaik sesuai yang kita inginkan.

Untuk anak anak, terdapat playground yang dilengkapi berbagai macam mainan edukasi. Lengkap dengan beberapa ruang bermain, tepatnya di lantai 4. Jadi, lantai 4 ini memang dikhususkan untuk anak anak dan rombongan keluarga.

Sedangkan lantai 3 dan 2 adalah perpustakaan yang dilengkapi berbagai macam ruangan seperti ruang baca tangga, ruang multimedia, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat menunjang bagi temen-temen yang ingin belajar maupun berdiskusi.

source : liputan6

Setelah mencari buku yang aku butuhkan, aku pun mengajak maryam untuk bermain. Dan tidak perlu khawatir karena ruangan bermainnya sangat nyaman dan terjaga dengan baik.

Oke deh, usai tugasku selesai, waktu sudah menunjukan pukul 5 sore dan aku pun check out dengan mengembalikan tas dan ID Card yang tadi diberikan pada saat check in.

Anyway, perlu diketahui, untuk jam buka nya sendiri perpustakaan ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Dan bagi masyarakat ber KTP DKI Jakarta bisa langsung datang berkunjung dengan membuat akun yang diperlukan nomor KTP. Sedangkan bagi masyarakat dengan KTP luar jakarta harus melampirkan bukti surat domisili ataupun surat keterangan bekerja di DKI Jakarta.

Untuk tarifnya, gratiss tiss tiss. Kalian bisa menikmati semua fasilitas disini secara gratis. Namun untuk meminjam buku hanya bisa dilakukan jika akun kita sudah teverifikasi.

Yups, segini dulu ya tulisanku hari ini. Selamat berkunjung :)

 

Hits: 40

kikyamaleader

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya