PantaiPulau

Lambaian Pantai Trikora

Di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, banyak terdapat obyek wisata, baik itu wisata alam, budaya, sejarah maupun wisata religi. Salah satu diantara sekian banyak obyek wisata tersebut adalah pantai Trikora. Pantai ini terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, sekitar 45 kilometer arah timur Kota Tanjungpinang.
Untuk dapat mencapai lokasi pantai Trikora, dari Kota Tanjungpinang relatif mudah karena kondisi jalannya relatif mulus (sudah di aspal). Dari Tanjungpinang sampai perbatasan Kabupaten Bintan jalannya beraspal bagus dan dapat dilalui tiga sampai empat lajur mobil. Namun, mulai dari perbatasan Gunung Kijang menuju Pantai Trikora kondisi jalan menjadi menyempit dan hanya cukup untuk dua lajur kendaraan saja.
Sebagai catatan, tidak ada angkutan umum yang melayani rute ke Pantai Trikora. Jadi, apabila hendak ke pantai ini, dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan.
Pantai Trikora yang panjangnya sekitar 25 kilometer ini memiliki pemandangan yang indah. Di sepanjang pantainya yang berpasir putih ditumbuhi ribuan pohon kelapa dan pepohonan lainnya (bakau). Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat batu-batu besar yang menambah keindahan pantai. Batu-batu itu sering dimanfaatkan oleh pengunjung pantai untuk berjemur atau memancing.
Di beberapa bagian pantai Trikora banyak terdapat kedai-kedai penjual minuman, makanan dan pondok-pondok kecil sebagai tempat penginapan. Di depan kedai maupun pendok yang berada di bibir pantai itu tampak pulau-pulau yang beberapa diantaranya berukuran kecil dan tidak berpenghuni. Sedangkan, di tengah laut banyak terdapat kelong terbuat dari kayu dengan atap daun rumbia, yang berfungsi sebagai alat untuk menangkap ikan teri atau bilis.
Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *