Editor PicksPulau

Eksplore Empat Pulau di Kalimantan Timur

Derawan, Maratua, Kakaban dan Pulau Sangalaki selalu menjadi mimpi bagi semua orang, pulau terpencil dengan pantai yang memiliki kelembutan pasir putih, laut yang murni, dan keindahan bawah laut yang menakjubkan selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara. Pulau ini memang salah satu daerah terkaya di dunia dengan keanekaragaman hayati dan merupakan urutan ketiga yang menjadi tempat menyelam terbaik di dunia dan  terletak di daratan Kalimantan Timur, Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan. Ketika sampai di Derawan, Maratua, Kakaban dan Pulau Sangalaki, kalian akan merasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

Berikut waktu  penerbangan yang perlu lewati untuk sampai ke Bandar Udara Kalimarau  Berau Kalimantan Timur. Dari Bandara Soekarno Hatta ( CGK ) menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ( BPN ) Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 2 Jam  dan kita wajib Transit di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ( BPN ) kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Kalimarau ( BEJ ) kurang lebih  45 Menit. Perlu diingat bahwa Perbedaan waktu Jakarta dan Berau adalah 1 Jam.

cotage drawan

Cottage Derawan

Setelah sampai di Bandar Udara Kalimarau, dilanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu, yang dimana pelabuhan ini menjadi titik start untuk menuju Pulau Derawan mengunakan speedboat. Untuk mencapai Pelabuhan Tanjung Batu, di butuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari Berau ( Sesuai kecepatan setir mobil ) dan untuk nyebrang ke pulau derawan dibutuhkan waktu kurang lebih 30 Menit dari pelabuhan tanjung batu.

drawan 4

Pulau Derawan

Setelah tiba di Pulau Derawan banyak sekali spot eksotis dan keindahan yang bisa kita dapat seperti gambar dibawah ini :

  1. Cottage
  2. Sepeda untuk keliling Pulau Derawan / Person Rp 25.000 ( 3 Jam )
  3. Banana Boat / person Rp 50.000 ( One Way )
  4. Ufo Boat / Person Rp 50.000 ( One Way )
  5. Sunset
  6. Snorkling dll

drawan 3

wahana permainan air

Setelah puas di Pulau Derawan, kalian bisa mengexplore Pulau Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Untuk mencapai Pulau Maratua, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Pulau Derawan menggunakan speedboat. Mungkin kalian akan merasakan yang nama nya mabok laut, tapi semua akan terbayar setelah sampai disana dan menikmati nya secara langsung. Bisa dikatakan Pulau Maratua hampir mirip dengan Pulau Maldives karena Pulau Maratua memiliki pantai dengan pasir yang lembut  putih dan air biru jernih bahkan bisa di katakan tosca. Namun tidak banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di pulau itu tapi lebih untuk bersantai, snorkeling dan berfoto.

pulau maratua

Pulau Maratua

Setelah puas di Pulau Maratua, dilanjutkan prepare menuju ke Pulau Kakaban dengan menggunakan speedboat dan memakan waktu sekitar 20 menit. Pulau Kakaban merupakan salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan. Kenapa ? karena di Pulau Kakaban terkenal dengan binatang ubur ubur yang tidak menyengat saat di sentuh dan kita dapat berenang bahkan bermain dan berfoto dengan ubur ubur secara langsung. Tapi ada larangan nya juga ya gaes, dilarang menggangkat ubur ubur keluar dari air!!

sunset drawan

Setelah bermain ria dengan ubur ubur, kalian bisa langsung menuju Pulau Sangalaki dan memakan waktu 15 menit menggunakan speedboat. Di Pulau Sangalaki sendiri terkenal dengan penangkaran penyu dimana banyak telur telur penyu yang sudah siap menetas dan bahkan kita bisa melihat langsung proses bayi bayi penyu yang sedang berusaha untuk keluar dari cangkang telurnya. Ok, Pulau Sangalaki menjadi tujuan terakhir saya dan dengan berat hati saya harus kembali menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu dan memakan waktu kurang lebih 1 jam dari Pulau Sangalaki.

Sebelum meninggalkan Berau, diusahakan kalian dapat menyempatkan diri untuk kuliner dan menikmati makanan di Berau seperti “Coto Makasar”; “Martabak Terang Bulan Al Marjan Berau”; “Bubur Depot Hokky” dan mencoba makanan ringan di “Tepian Sungai Segah Berau” dll. Setelah itu jangan lupa membeli beberapa souvenir di sana untuk teman teman di Jakarta.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *