Seni & Budaya

Candi Gunung Wukir – candi yang mulai dilupakan

Entah mengapa tiap kali saya pulang ke Yogya, saya selalu berusaha meng eksplore candi. Entah candi Hindu Budha yang sudah mendunia seperti Prambanan atau candi yang tinggal reruntuhan saja. Fungsi candi pada umumnya ada 2 yaitu sebagai tempat ibadah atau makam para bangsawan. Maka tidak heran kalau berada di candi ada aura magis yang terasa.

candi goa wukir

Kali ini saya mengeksplore candi Gunung Wukir yang terletak di Ngluwar, Muntilan Jawa Tengah, akses menuju kesana sangat mudah karena di jalanraya Magelang ada penunjuk arah menuju ke candi tersebut, karena takut nyasar saya memakai aplikasi gmaps.

candi Gunung Wukir

foto: kbudayaan.kemedikbud

Untuk menuju candi tersebut kita harus menitipkan kendaraan pribadi kerumah penduduk, baru setelah itu kita berjalan kaki kira-kira 1 km, jalannya masih jalan setapak sehingga tidak bisa dilewati kendaraan dan melewati hutan bambu juga menyeberang sungai. Ditengah jalan saya bertemu dengan satpam penjaga candi yang akan pergi Masjid untuk sholat Jumat.

candi gunung wukir 3

Beliau mengatakan untuk terus naik saja keatas. Untung cuaca cerah karena jalanan mendaki dan licin. Begitu sampai di lokasi candi yang terletak di atas bukit, napas saya ngos-ngosan sambil memperhatikan pemandangan menghijau disekitar candi dan angin sepoi-sepoi berhembus. Candi Gunung Wukir adalah candi Hindu dimana di candi ini ditemukan prasasti Canggal yang sekarang disimpan di Museum Nasional. Prasasti ini berisi tentang dinasti raja Sanjaya pada masa Mataram Hindu yang gagah berani dalam menaklukan musuh-musuhnya.

candi Gunung Wukir  2

Seperti candi Hindu lainnya, di candi ini juga terdapat lingga yoni yang merupakan lambang dari dewa Siwa. Juga arca nandi atau lembu betina yang merupakan tunggangannya. Di situs candi ini saya mendapati dupa dan sesajen yang diletakkan di kaki candi, entah untuk apa fungsinya.

candi goa wukir 4

foto: goborobudur

Demikian perjalanan saya mengeksplore candi Gunung Wukir, candi kecil yang letaknya tidak jauh dari Borobudur, tapi sudah mulai dilupakan karena kurang publikasi dan akses jalan yang masih kurang.

 

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *