Home / Editor Picks / 10 Gunung dengan Lautan Awan Terbaik di indonesia

10 Gunung dengan Lautan Awan Terbaik di indonesia

Beruntung bagi kita bisa tinggal di negara dengan jumlah gunung terbanyak di Dunia. Yap Indonesia sendiri memiliki Puluhan Gunung yang tersebar dari Sabang sampai Merauke baik Gunung Merapi, Gunung Aktif dan sudah tidak aktif lagi. Gunung-gunung tersebut juga memiliki karkateristik yang berbeda dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Berikut ini ada 7 gunung yang menurut saya memiliki pemandangan hamparan lautan luas terbaik saat berada di puncaknya. Mungkin juga buat kalian para pendaki yang menyukai lautan awan bisa mencoba mendaki 7 gunung yang keren ini.

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet sendiri sebenarya terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet juga adalah gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Keindahan Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3428 Mdpl ini membuat Backpacker Jakarta sering kali mengadakan pendakian ke gunung ini.

Sunrise Slamet foto : ig @emyebpj

Baca selengkapnya disini : Pendakian Gunung Slamet Part 3 Via Blambangan

2. Gunung Prau Dieng Wonosobo

Gunung prau merupakan salah satu gunung yang paling diidolakan oleh para pendaki gunung. Gunung prau memiliki banyak keistimewaan selain karena pemandanganya yang indah bisa melihat 5 gunung disekitarnya juga karena trackingnya yang tidak terlalu sulit. Gunung ini memiliki ketinggian 2565 mdpl.

Gunung prau sendiri berada di Dieng Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Gunung Prau berada diantara gunung-gunung besar seperti gunung Sindoro, gunung sumbing, gunung Slamet, gunung merapi dan gunung merbabu.

Baca selengkapnya disini : Pendakian Gunung Prau Part 7 Jalur Patak Banteng

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah salah satu gunung yang berada pada ketinggian sekitar 3.150 meter di atas permukaan laut (mdp). Gunung yang terletak di kabupaten Wonosobo (Barat) dan kabupaten Temanggung (Timur) di Jawa tengah ini merupakan sebuah gunung volkano aktif .

Gunung Sindoro (foto ig @emyebpj )

Gunung Sindoro sendiri terkenal bagi para pendaki karena lokasinya berhadapan dengan gunung lainya yakni gunung Sumbing. Sama halnya dengan Merapi – Merbabu yang juga berhadapan langsung.

Baca selengkapnya disini : Gunung Sindoro Jawa Tengah

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung ini cukup menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tempat Camp di Sembalun Gunung Rinjani (foto ig @emyebpj)

Pendakian Gunung Rinjani (puncak) merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif nomor 2 tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

foto ig @emyebpj

Baca selengkapnya disini : Pendakian Gunung Rinjani Bersama Backpacker Jakarta

5. Gunung Merapi

foto : @ulumpolem

Siapa yang tidak mengenal Gunung Merapi ? Gunung yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta memang sangat terkenal di Indonesia. Jalur pendakian gunung ini sendiripun terdapat tiga yakni jalur via Selo, jalur via Babadan dan jalur Kineharjo.

Gunung Merapi merupakan objek pendakian yang populer. karena gunung ini merupakan gunung yang sangat mempesona. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sèlo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Plalangan, Selo, Boyolali, Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pendakian melalui Selo memakan waktu sekitar 4-5 jam hingga ke puncak.

Baca selengkapnya disini : Liputan Pendakian Gunung Merapi Part 2 BPJ

6. Gunung Kerinci 

foto : @king.dum

Gunung Kerinci (dieja “Kerintji”) dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera. Gunung berapi ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia selain Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, pegunungan Bukit Barisan, dan terletak sekitar 130km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi oleh hujan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau dan badak sumatera.

Puncak Indrapura

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3805 mdpl, dan dari puncak kalian dapat melihat pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Dan di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah dan hampir tak tersentuh.

Baca Selengkapnya disini : Liputan Trip Pendakian Perdana Gunung Kerinci, Gunung Hulu Sangir dan Danau Gunung Tujuh, Jambi

7. Gunung Ciremai

Menikmati alam dari ketinggian, mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan saat setiap mata memandang, adalah candu bagi para pendaki gunung. Begitupun trip BPJ kali ini, Hiking Gunung Ceremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl lewat jalur via Apuy dimana merupakan jalur aman untuk memulai start pendakian.

Puncak gunung Ceremai dapat dicapai melalui banyak jalur pendakian. Jalur pendakian tersebut meliputi Desa Palutungan dan Desa Linggarjati di Kab. Kuningan, dan Desa Apuy di Kab. Majalengka. Ada satu jalur pendakian baru yaitu melalui Desa Linggasana di Kec. Cilimus, Kab. Kuningan. Jalur di Desa Linggasana yang dibuka tahun 2010 juga mudah diakses karena masih satu trayek jalan raya dengan jalur di Desa Linggarjati.

Baca Selengkapnya disini : Menuju Negeri Atas Awan Gunung Ceremai

8. Gunung Merbabu

foto : @hilmanimanuddin

Gunung Merbabu sendiri memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan kenteng songo serta triagulasi sebagai puncak tertingginya. Nah, pembahasan perjalanan kali ini yaitu jalur pendakian via suwanting yang terletak di Dusun Suwanting, Desa Bayuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

menikmati pemandangan dari ketinggian bersama lautan Merbabu

Menurut penduduk setempat jalur ini pernah di buka pada tahun 1990 dan 1998, namun jalur ini kembali di tutup pada tahun 1998 dan pada tahun 2015 jalur ini kembali di buka untuk pendakian. Bisa dikatakan jalur ini pun terbilang sulit untuk didaki.

Baca Selengkapnya disini : Pendakian Merbabu Part 2 Backpacker Jakarta

9. Gunung Semeru

foto : @rickalisjuntriasaputra

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

foto : @thiozard

Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

10. Gunung Sumbing

foto : @irvan_abdussalam27

Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung yang berdiri tegak di ketinggian 3.371 mdpl ini berdampingan dengan Gunung Sindoro dan terletak di tiga kabupaten yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

foto : @millatin_hidayah

Mendaki ke Gunung Sumbing merupakan sebuah pengalaman yang akan selalu dikenang oleh setiap orang yang mengunjunginya karena jalur terfavorite via Garung ini menuntut semua pendaki akan daya tahan tubuh serta kesabaran yang kuat yang akan membuat hati siapa saja merasa puas ketika sampai di puncak.

Baca Selengkapnya disini : Pendakian Perdana Gunung Sumbing – Jawa Tengah

 

Itulah beberapa gunung dari sekian banyak gunung di indonesia yang memiliki Lautan awan paling indah. Tentunya bukan berati gunung lainya tidak bagus, hanya saja list ini disesuaikan dengan gunung yang pernah saya daki dan menurut pengalaman maupun yang saya lihat sendiri. Menurut kalian sendiri mana gunung yag memiliki lautan awan terindah ?

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

8 Spot Wisata Yang Wajib Kamu Datangi Saat Berlibur Di Nusa Penida

Nusa Penida. Pernah mendengar nama ini ? Jika belum, sepertinya kamu harus lebih banyak bergaul …