Home / Blog / City Tour & Landmark / Wisata Watu Dodol, Icon Banyuwangi

Wisata Watu Dodol, Icon Banyuwangi

foto : matajatim
foto : matajatim

Wisata Watu Dodol merupakan sebuah kawasan wisata yang juga merupakan pintu masuk alias gerbang menuju Kabupaten Banyuwangi jika kamu pergi dari arah Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Wisata Watu dodol terletak didesa ketapang, kecamatan kalipuro, arah keluar dari pelabuhan ketapang Banyuwangi Jawa Timur.

foto : kesenian-bwi.blogspo
foto : kesenian-bwi.blogspo

Nah jika kamu mau kearah taman nasional baluran pasti akan melewati kawasan wisata iconic ini. Sajian utama yang bisa kamu nikmati dari Watu dodol adalah pemandangan panorama lautnya terutama jika dilihat dari atas bukit yang ada disini.  Pemandangannya sangat indah, dengan pantai terpampang di sepanjang jalan dan bukit-bukit berada di seberangnya. Bahkan Pengunjung bisa melihat dari kejauhan pulau bali yang ada disebrang pulau Jawa. Sejarah mencatat jika dinamakan watu dodol sendiri adalah karena dikawasan ini ada sebuah batu besar yang tepat berada tengah jalan dan menjadi tanda tersendiri dari keberadaan pantai ini.

foto : IndonesiaKaya.com
foto : IndonesiaKaya.com

Watu berarti batu dan dodol adalah semacam kue dodol. Nama Watu Dodol sendiri merujuk kepada sebuah batu besar setinggi 6 meter yang berlokasi tepat di antara kedua ruas jalan raya. Lokasi kawasan wisata ini sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi (wikipedia). Selain pemandangan laut lepasnya, tak jauh dari watu dodol terdapat wisata lainya yakni Goa Jepang yang merupakan peninggalan pertahanan masa Perang Dunia II oleh Bangsa Jepang.

foto : hairus.wordpress.com
foto : hairus.wordpress.com

Menurut Wikipedia sendiri ada banyak hal yang bisa kamu nikmati keberagaman hal yang menarik ditempat wisata ini yakni :

1. Watu Dodol
Watu Dodol merupakan batu karang berwarna hitam yang sangat keras serta memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian atasnya lebih besar daripada dasarnya. Pada bagian selatan sisinya, tumbuh sebatang pohon kelor yang menambah keunikan batu tersebut. Meskipun dulu terlihat angker, tetapi kini Watu Dodol terlihat asri karena dihiasi taman sebagai jalur hijau.
2. Patung Gandrung (tarian khas Banyuwangi)

foto : matajatim
foto : matajatim

Dengan tulisan Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi menjadi penghias gerbang masuk ke Kabupaten Banyuwangi kamu bisa membubuhi fotomu ditulisan ini.

3. Sumur air tawar
Sumur air tawar berlokasi di area Pantai Watu Dodol. Penduduk setempat membatasinya dengan dinding yang terbuat dari batu. Air tawar yang dikeluarkan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Gua Jepang
Gua Jepang digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa Perang Dunia II serta digunakan untuk mengawasi setiap kapal yang melintasi Selat Bali. Gua tersebut menghubungkan pintu gua dari sisi bukit menuju ke pintu gua di puncaknya. Kondisi gua kini kurang terawat dan tertutupi semak-semak sehingga sulit untuk ditemukan, kecuali bagi orang yang sudah mengetahui dengan pasti lokasinya.

5. Makam di puncak bukit

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Terdapat sepasang makam pada puncak bukit yang berlokasi tepat di belakang pantai Watu Dodol (sisi barat Watu Dodol). Sepasang makam tersebut dikeramatkan oleh berbagai kalangan, yaitu para penduduk setempat maupun orang-orang dari luar daerah Banyuwangi. Tidak jarang ada beberapa orang yang bertapa di lokasi makam tersebut.

Upacara Puter Kayun
Upacara atau Ritual Puter Kayon merupakan sebuah festival penduduk setempat yang biasa dilakukan seusai Lebaran. Upacara tersebut merupakan perwujudan syukur penduduk setempat karena dapat melaksanakan Lebaran serta mengenang jasa Buyut Jakso, sesepuh yang pertama kali membuka Kampung Boyolangu. Upacara dimulai dengan mengarak tumpeng dan sesajian dari Boyolangu ke Pantai Watu Dodol. Sesajian selanjutnya dilarungkan ke laut sementara Tumpeng dimakan bersama-sama

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Bikin Film Itu Ribet?

Kita mengetahui bahwa film adalah suatu hiburan yang paling menarik untuk dinikmati. Kebanyakan orang sangat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *