Home / Blog / Alam & Taman / Wisata Keluarga di Danau Siombak

Wisata Keluarga di Danau Siombak

Halloooo sobat travelers!

Seberapa sering sih kamu jalan bareng keluarga dalam 1 bulan? 3 kali, 2 kali, atau tidak sama sekali? Nah buat kamu yang jarang banget jalan bareng keluarga mungkin karena waktunya yang kurang tepat atau biaya yang tidak sedikit, kamu harus pinter-pinter nih milih objek wisata yang nanti akan dikunjungi. Seperti objek wisata yang satu ini, selain harganya pas dikantong tempat dan fasilitas yang disediakan juga cukup menarik loh sobat travelers. Yuk kita simak!

3

Wisata Danau Siombak

Danau siombak adalah danau buatan dengan luas sekitar 40 hektar dengan diameter sekitar 1000 meter dan kedalaman kurang lebih 12 meter. Danau ini dulunya bekas galian tanah timbun sewaktu pengerjaan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Danau ini terletak dikelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan Sumatera Utara. Danau Siombak terletak diantara dua sungai yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun. Air danau di sini berwarna jernih agak kehijauan karena di dasar danau ditumbuhi sejenis tumbuhan lumut dan ganggang.

Danau Siombak hanya berjarak 18 km dari pusat kota Medan, tidak terlalu sulit untuk menuju lokasi ini. Kita tinggal mengikuti jalan besar Marelan Raya terus lurus melewati Pajak Marelan sampai bertemu Gapura Museum Kota Cina. Tidak jauh dari situ akan berjumpa dengan Gapura Selamat Datang di Danau Siombak. Eittss kita belom sampe loh sobat travelers soalnya ada dua jalan bercabang satu Jalan Pasar Nippon dan satunya lagi Jalan Danau Siombak, jangan lewat Jalan Danau Siombak ya sobat sebab jalan ini justru menuju arah Museum Kota Cina. Jadi kita ambil Jalan Pasar Nipon terus saja sampai ke ujung nanti akan bertemu Danau Siombak.

6

Tiket masuk Danau Siombak sangat murah yaitu sebesar Rp2.000,- ditambah parkir Rp2.000,- . Ada begitu banyak spot yang bagus untuk berfoto.  Di sini terdapat pondok lesehan untuk duduk bersantai dan makan-makan bersama keluarga #Cocok bangeet kan buat wisata keluarga, tarif sewanya juga terjangkau yaitu sekitar Rp10.000,- sampai dengan Rp20.000,-. Dan buat kamu yang bosan duduk terus di pondok kamu juga bisa sewa perahu atau sampan dan speedboat untuk keliling danau loh sobat travelers, harga sewanya untuk perahu atau sampan dikenakan Rp15.000,- perorang sedangkan untuk speedboat dikenakan Rp35.000 per orangnya. Pengunjung juga bebas memancing sepuas-puasnya disini asalkan membawa perlatannya masing-masing, bahkan ikan pancingan bisa langsung disantap dengan dibakar atau digoreng.

1

Danau Siombak ramai dikunjungi saat liburan atau akhir pekan, lokasi ini juga cocok untuk wisata keluarga karena disekitar area danau disediakan fasilitas bermain akan-anak seperti kolam mini, mandi bola, dan lain-lain. Bagi yang membawa anak kecil diusahakan harus selalu dalam pengawasan ya sobat travelers soalnya Danau Siombak ini tidak memiliki pembatas besi untuk memisahkan area danau dengan daratan.

5

Buat kamu yang lagi pengen sendiri bisa datang ke Danau Siombak ini dihari biasa karena jumlah pengunjungnya tidak sebanyak pada saat akhir pekan, suasananya pun sangat tenang dan sunyi. Hanya ada suara ranting bergesekan dengan ranting lainnya, tidak ada gelombang di Danau Siombak ini yang ada hanya riak dan ombak-ombak kecil air yang tertiup angin. Suasana ini bisa bikin kamu yang lagi galau jadi makin galau.

4

Jadi kalo kamu lagi ngadain trip ke kota Medan, jangan lupa berkunjung ke Danau Siombak ya sobat travelers!

Sumber: SeMedan.com, Setiadi R. Saleh, Wikipedia, Medan Wisata, Duta Medan, Media Pijar, Tribun Travel, Panduan Wisata Medan, Teman JR Saragi

Created by : Budi

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Di Indonesia bagian Timur, cukup banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, kali ini kami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *