Home / Blog / Air Terjun / Trip Curug Putri Kencana Bogor part 2

Trip Curug Putri Kencana Bogor part 2

Curug Putri kencana adalah salah satu Curug yang ada di Babakan Madang, Bogor Jawa Barat. Minggu lalu 16 April 2017 sebanyak 38 peserta ikut ODT kecurug Putri Kencana part 2. Nah koordinator trip atau cp trip part 2 adalah Pak rt #26 dan bu Rt #26 yakni Apri & ana.

Curug Putri Kencana

Perjalanan dimulai dari lokasi meeting point yakni KFC Stasiun bogor pukul 08.00 Pagi. Pukul 08.30 akhirnya kita berangkat menuju curug menggunakan 4 angkot yang telah kita sewa sebelumnya. Biaya sharecost Trip curug Putri kencana part 2 adalah sebesar Rp 90.000 dengan rincian sudah termasuk sewa angkot pp, tiket masuk curug, donasi sekret dan juga kebahagian.

Curug Cinta

Sebenarnya lokasi curug ini searah dengan curug Lewi panjang & curug Barong yang ada dijonggol, jadi jika kalian ingin kecurug ini pasti searah. Jalananya cukup lumayan bagus karena sudah diaspal namun banyaknya tanjakan-tanajakan yang curam dan terjal sedikit membuat perjalanan terganggu karena banyaknya kendaraan yang tidak kuat melewati tanjakan. Sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan menggunakan angkot akhirnya kita tiba dipos pertama alias pos masuk kawasan wisata.

Briefing sebelum masuk curug

Akses menuju Curug Putri Kencana sebeanrnya sangat mudah. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa melalui jalan tol Jagorawi lalu keluar di gerbang Sentul City. Dari sana kalian belok kiri lalu masuk kearah jalan utama menuju Jungle Land. Nah Sebelum pintu gerbang Jungle Land jangan lupa belok kanan dan akan melalui jalan perkampungan sampai bertemu pertigaan.

Foto gerbang masuk Curug

Dari pertigaan kemudian Belok kearah kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo. Tenang saja banyak papan petunjuka ko menuju putri kencana jadi jangan khawatir tersesat. Oh ya dari pertiggan belok tadi jika kita mengambil jalan lurus maka kita akan menuju kawasan Gunung Pancar dengan hutan pinus dan air panasnya, Jadi ingat ya belok kekiri .

Parkiran Curug

Untuk Tiket masuk curug Kencana ini pengunung dikenakan biaya Rp 15.000 baik hari biasa atau hari libur. Tiket ini sudah termasuk donasi ke perhutani dan kebersihan plus bebas menikmati 4 curug lainya yang ada disekitar curug kencana. Setelah semua peserta siap, kami berkumpul dan berdoa terlebih dahulu agar perjalanan selama trip curug kencana berjalan lancar. Nah tak lupa pula kita foto bersama terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kawasan curug.

Area dikawasan curug ini cukup bersih dan terjaga dengan baik oleh pengelola. selain kebersihan yang terjaga juga banyak sekali fasilitas umum yangs udah disediakan seperti toilet umum, warung jajanan, gazebo untuk bersantai, sewa pakaian renang dan sewa pelampung. Buat kalian yang juga ingi menikmati bermalam dicurug ini sudah ada fasilitas homestay atau kamar penginapan loh guys dengan biayanya yang beragam mulai dari 300.000 untuk 1 kamar dan 550.000 untuk satu rumah dan bebas diisi berapa saja (tidak termasuk sarapan).

Homestay & penginapan

Perjalanan menuju curug cukup lumayan jauh namun jalan yang dilalui cukup bagus dan tertata dengan baik. Oh ya parkiran disini ada banyak jadi jangan khawatir buat kalian yang emmbawa kendaraan roda empat atau roda dua bisa diparkirakan dekat curug.

Curug dekat penginapan

Kawasan curug putri kencana ini sebenarnya ada banyak curug lainya. Meski bentuknya hampir serupa namun mungkin pengelolalaanya berbeda atau biar kelihatan banyak aja. Sekedar pengingat aja jika kamu jangan berharap curug disini tinggi seperti pada umumnya karena curug putri kencana ini tidak tinggi namun aliran airnya deras dan bersih plus banyaknya area bisa digunakan berenang atau memacu adrenalin loncat dari atas batu yang tinggi.

foto di curug kencana

Setelah melalui berabagai curug akhirnya kita tiba dicurug yang akan kita tuju yakni curug putri kencana. sepertinya curug ini jadi idola diantara banyaknya curug yang ada disini terbukti dari ramainya wisatawan yang bermain air dan loncat dari batu. Tak hanya itu saja banyaknya warung yang berjualan plus tempat beristirahat alias saung yang bisa disewa dengan harga 30.000 menjadikan curug ini disukai oleh pengunjung.

Curugnya rame kalo weekend

Kita menyewa 3 saung dan beruntungnya karena masih pagi jadi kita masih kebagain tempat untuk berisitirahat. Banyak peserta yang memilih langsung loncat ke air dan sebagain lagi mengisi perut karena belum sarapan atau lebih memilih menikmati curug dari atas saja. Salahs atu peserta bernama … membawa kompor dan perlaatan masak lainya plus bumbu2 makanan karena sebelunya dia mau membuat makanan untuk temen2 yang ikut curug, wahah bahagianya ada peserta yang baik seperti ini.

Makan siang bersama

Puas menikmati curug dan waktu sudah memasuki jam makan siang maupun sholat akhirnya kita makan siang bersama terlebih dahulu dengan masakan yang sudah dibuat oleh salah satu peserta trip. Yes paling enak kalo ngetrip bisa makan bareng-bareng seperti ini. Ada saran buat temen2 kalo kalian mau loncat usahakan jangan bawa properti appaun karena tekanan dan air yang deras bis amenghanyutkan apa yang kalian bawa. satu lagi kalo kalian ragu jangan mencoba loncat dari batu ya karena itu sangat berbahaya apalagi loncatnya barengan dan bergandengan tangan sangat tidak dianjurkan.

Curug ini airnya deras

makanan yang dijual disini cukup murah begitu juga dengan kopi atau minuman es lainya harganya masih standar jadi kalian jangan khawatir soal biaya. Puas mengisi perut kami kemudian melanjutkan perjalanan kecurug berikutnya yakni Curug cinta yang masih dalam satu kawasan dengan curug putri kencana.

Curug Cinta

Liputan curug cinta bisa kalian simak disini (bersambung) ;

About Mr Edoy -

Foto Profil dari Mr Edoy -
Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Pendakian Srikandi!! Gunung Andong via Sawit, Jawa Tengah

Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *