Home / Blog / City Tour & Landmark / Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto

Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, alam Indonesia memang begitu kaya. Akan tetapi manusia yang semestinya menjadi penikmat sekaligus penjaganya terkadang terlalu berlebihan dalam bersikap. Tak bisa dipungkiri, eksploitasi alam tersebut meninggalkan bekas yang terlihat melukai alam kita.

Namun ketika kalian melihat beberapa tempat berikut, alam seolah memperlihatkan kepada kita bahwa dia tahu cara mengobati lukanya dengan memperlihatkan keindahannya dari sisi lain. Walaupun beberapa tempat berikut sampai saat ini masih ada aktivitas penambangan. Tempat-tempat berikut menjadi incaran para wisatawan karena efek dari penambangan yang membuat tempat ini begitu unik dan membuat penasaran. Yuk kita simak!

Aktivitas penambangan batu kapur di Bukit Jaddih Bangkalan Madura yang melahirkan kolam renang alam.

Bukit Jaddih, Bangkalan Madura - Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto.

Ada kolam renang sebesar 10×6 meter di tengah penambangan kapur. Inilah pemandangan di Bukit Jaddih, Socah, Bangkalan, Madura. Kolam air ini terbentuk karena penggalian batu kapur yang ternyata terdapat sumber air yang akhirnya mengisi kubangan bekas tambang tersebut. Tempat ini sekarang menjadi tujuan wisata. Banyak wisatawan yang hobi berfoto tertarik dengan spot unik ini.

KW-nya Grand Canyon Amerika ada di Semarang.

Brown Canyon, Semarang - Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto.

Bukan tempat wisata atau bentukan alam, tetapi ini adalah lokasi penambangan yang masih aktif sampai sekarang. Tapi tak terelakan, pemandangan Brown Canyon yang terletak di perbatasan Semarang-Demak, yang tepatnya berada di Rowosari, Tembang, Semarang ini menarik untuk dipandang. Unik layaknya Grand Canyon, lokasi ini kerap dikunjungi para anak muda yang hobi berfoto.

Deretan jamur Mario Bross di Bukit Jamur, Gresik.

Bukit Jamur, Gresik - Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto.

Bekas galian tambang kapur yang dulu beroperasi di tahun 1992 dan kemudian ditutup penambangannya di tahun 2008 ini berada di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur. Pada tahun 2010, Bukit Jamur ini dibuka bagi masyakarat untuk lokasi foto, seperti pre-wedding. Bentuk jamur yang terbentuk karena kerukan vertikal ini memiliki tinggi 2 meter, sampai ada yang 7 meter, lho!

Tebing Breksi, salah satu spot foto hits anak kekinian di Jogja.

Tebing Breksi, Jogja - Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto.

Tebing yang ternyata merupakan bentukan dari lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dengan melewati proses jutaan tahun lamanya ini berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta. Kini tebing indah ini tidak lagi dijadikan tempat penambangan tapi sudah berubah menjadi Geoheritage Candi Ijo yang perlu dilindungi dan dilestarikan. Nikmati cantiknya senja di atas tebing ini dengan suguhan Candi Prambanan, Candi Sowijan dan Candi Barong dengan latar Gunung Merapi.

Keindahan Bukit dan Danau Kaolin yang merupakan “hadiah” dari eksploitasi Kaolin di Belitung.

Danau Kaolin, Belitung - Tempat Penambangan di Indonesia Yang Unik Untuk Hunting Foto.

Bekas tambang Kaolin di Perawas, Tanjungpandan, Belitung menampakan keindahannya untuk menutupi lukanya yang telah diekploitasi. Keindahan danau dengan air berwarna biru tosca di negeri Laskar Pelangi ini menari para wisatawan untuk hunting foto, terutama momen ketika matahari terbit.

Meskipun tempat-tempat tersebut indah karena ulah tangan manusia, bukan berarti kita boleh ikut-ikutan merusak alam. Tetaplah menjadi manusia yang peduli akan lingkungan yaa, guys! Dan jangalah alam kita agar tetap indah. Salam lestari!

Source: ehloo.com

About Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Check Also

Beberapa Poin Penting Agar Website Kalian Menjadi Urutan Pertama Di Google

Katanya dengan ngeblog kita bisa dapat penghasilan? Betul apa betul? Itu adalah hal kedua yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *