Home / Blog / Alam & Taman / Tangkahan, Keindahan Tersembunyi di Sumatera Utara

Tangkahan, Keindahan Tersembunyi di Sumatera Utara

“Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman”

Itu adalah sepenggal lirik dari Maestro Musik di Indonesia Koes Plus, yang menceritakan bahwa banyak surga yang tersembunyi di setiap lapisan di Negara Indonesia.

Tangkahan, mungkin orang awam di luar Sumatera Utara masih belum paham nama daerah tersebut, tapi untuk masyarakat di wilayah Sumatera Utara nama Tangkahan ini sudah cukup dikenal walaupun masih banyak yang belum tahu lokasinya dimana.

Turis mancanegara yang berkunjung ke Tangkahan menyebut bahwa daerah ini adalah The Hidden Paradise di Sumatera Utara.

Padahal terdapat tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tujuan wisata bagi anda yang ingin menikmati suasana hutan serta alam yang masih terjaga.

Tangkahan adalah sebuah desa kecil yang begitu terjaga di antara perbatasan Gunung Leuser Taman Nasional yang terletak di provinsi Sumatera Utara. lebih detilnya lagi berada di kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Terletak di persimpangan 2 sungai, yaitu Sungai Buluh dan Sungai Batang. Tangkahan mengkhususkan sebagai tempat dalam kegiatan eko-wisata seperti tracking hutan dan tracking gajah.

Tangkahan terletak di antara dua desa yaitu Namo Sialang dan Sei Serdang. Bagi orang Medan mendengar kata Tangkahan pasti akan terngiang dengan “Gajah”. Ya, memang karena tangkahan dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar dan sungai yang berada di sini sangat jernih dan masih terjaga kebersihannya.

linnearesort1

Sumber : linnearesort

myindonesia

Sumber : myindonesia

Ekowisata Tangkahan hadir di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. Tangkahan mulai ramai dikunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

travelkompas

Sumber : travelkompas

Berbagai macam pohon yang tumbuh serta vegetasi hutan tropis berpadu dengan lahan berbukit-bukit menjadikan Ekowisata Tangkahan tidak hanya sekadar tempat wisata namun juga dapat menjadi tempat belajar mengenai alam, mahluk hidup, flora dan fauna.

Hutan Tangkahan umumnya sangat lebat di mana terdapat sungai, air terjun, air panas, lembah bahkan tumbuhan langka seperti Raflessia juga ada di tempat ini. Tak heran jika turis mancanegara mulai melirik Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara sebagai tujuan wisata sejak dahulu kala.

Jika anda tidak puas dengan hanya menikmati pemandangan alam di Tangkahan, banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti arung jeram di Sungai Alas, mengunjungi tempat rehabilitasi satwa langka orangutan sumatera yang pertama kali dilakukan oleh WWF dan Frankfurt Zoological Society 1973 di Bukit Lawang.

Kawasan dengan daftar jenis burung terpanjang di dunia mencapai 380 spesies serta 129 spesies mamalia ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengamati berbagai keanekaragaman hayati dan fauna yang terdapat di hutan Tangkahan. Topografi bukit dengan tebing cocok bagi yang hobi panjat tebing, mendaki gunung, dan berkemah.

travelkompas1

Sumber : travelkompas

sprudgewire

Sumber : sprudgewire

Di Tangkahan biasanya ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat yang ingin anda kunjungi. Untuk para pengunjung yang berniat tinggal dalam beberapa hari, tak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn.

Menurut informasi harga penginapan di tempat ini lumayan terjangkau namun tetap dengan kualitas serta pelayanan yang baik, hanya berkisar Rp 100.000 – Rp 170.000. Cukup murah bukan? Anda akan benar-benar dimanjakan saat berada di Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara.

Apabila ingin ke kawasan ekowisata, terlebih dahulu harus melewati Sungai Batang Serangan yang memiliki arus cukup deras. Terdapat rakit sebagai alat penyeberangan, usahakan tetap waspada saat anda naik rakit namun tak perlu takut. Nikmati sensasi berada di atas rakit di tengah derasnya arus sungai.

Beberapa minggu yang lalu, artis AADC2, siapa lagi kalau bukan Nicholas Saputra mengunjungi surga tersembunyi ini, melalui posting Instagram pribadi miliknya dia mengunggah beberapa momen terbaik ketika berada di Tangkahan.

instagramcomnicholassaputra

Sumber : instagramcomnicholassaputra

Resources : www.travel.kompas.com & www.wikipedia.com

Created by : Guntur

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Di Indonesia bagian Timur, cukup banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, kali ini kami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *