Home / Blog / Alam & Taman / Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih atau lebih dikenal sebagai Teluk Cendrawasih. Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia. Taman Nasional Teluk Cendrawasih terletak di Teluk Cendrawasih Papua, Provinsi Papua Barat yang meliputi beberapa pulau yaitu Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoop. Secara administratif, Taman Nasional Teluk Cendrawasih atau yang biasa disingkat dengan (TNTC) berada di dua wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire.

Foto : birdsheadseascape.com

Bagi kalian yang berkunjung ke taman ini, kalian akan bermain dengan salah satu hewan terbesar di dunia yaitu Hiu Paus (Whaleshark) yang berbintik atau Rhincodon Typus. Hiu Paus (Whalesharks) merupakan binatang imigrasi, Hiu Paus ini bisa bertumbuh hingga 18 meter atau bahkan lebih. Sebuah Hiu Paus yang memiliki ukuran 7 meter bisa memiliki berat hingga mencapai 22 ton. Seekor Hiu Paus (Whalesharks) merupakan spesies kuno yang berasal sekitar 60 juta tahun yang lalu dan kalian bisa menemukannya di laut terbuka.

Foto : nationalgeographic.co.id

Taman Nasional Teluk Cendrawasih menggabungkan ekosistem terumbu karang dengan mangrove dan ekosistem hutan tropis terestrial. Di sini terdapat koloni karang hitam, karang biru dan karang lunak. Taman ini terkenal dengan 209 spesies ikan yang membuat taman habitat ini mereka, di antaranya adalah ikan kupu-kupu, damselfish dan parrotfish, dan, tentu saja whaleshark, sementara moluska yang ditemukan di sini termasuk triton terompet, kerang besar dan kerang kerucut.

Foto : jalanindonesiakita.wordpress.com
Foto : www.indonesia.travel

Untuk akses menuju ke Teluk Cenderawasih, ada beberapa jalur yang dapat ditempuh yaitu :

Melalui Udara

Bagi kalian yang berangkat dari luar Papua, kalian bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Kota kalian dengan tujuan ke Biak. Selain itu ada juga maskapai yang langsung dari Jayapura yang melayani penerbangan ke Biak. Sesampainya di Biak, kalian dapat menggunakan maskapai penerbangan menuju Nabire atau Manokwari.

Melalui Laut

Jika kalian menggunakan jalur laut, kalian dapat menggunakan jasa transportasi laut. Jika dari Kota kalian yang menuju ke Nabire atau Manokwari. Setelah itu, kalian dapat menggunakan Long Boat menuju ke Pulau Rumberpon di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang memakan waktu sekitar labih kurang dari 6 jam perjalanan.

Opsi lainnya, kalian dapat menggunakan Kapal Perintis PELNI yang biasanya singgah ke Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Tetapi, Kapal tersebut hanya pergi ke Taman Nasional Teluk Cenderawasih sekali dalam sebulan.

Melalui Darat

Jalur darat hanya tersedia mulai dari Manokwari. Disini anda akan melakukan perjalanan darat selama lebih kurang 3 jam ke Ransinki, kemudian dilanjutkan dengan motor boat selama lebih kurang 2,5 jam.

Foto : birdsheadseascape.com

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Mei dan Oktober.

Sumber teks : wisatajalan.com & pedomanwisata.com

About RARA.diandra

Check Also

Wisata Kekinian Di Lembah Harau, Sumatera Barat

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di lokasi ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *