Home / Blog / Alam & Taman / Taman Nasional Kerinci Seblat, terbesar di Sumatera

Taman Nasional Kerinci Seblat, terbesar di Sumatera

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Sumatera. Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m). Taman nasional ini juga terdiri dari mata air panas, sungai beraliran deras, goa, air terjun dan danau Kaldera yang menjadi air terjun tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh. Taman nasional ini termasuk warisan hutan hujan tropis di Sumatera. Keanekaragaman flora dan fauna yang menghuni, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Spesies yang terdapat di taman nasional ini sangat beragam, termasuk kehadiran jenis burung Schneider Pitta, burung Salvadore dan Sumatera Cochoa, yang selama ini dianggap punah selama abad ke-20. Lebih dari 375 jenis burung telah dicatat sampai saat ini. Ini juga merupakan lokasi yang paling penting di Sumatera untuk Harimau Sumatera liar dan salah satu dari 12 cadangan harimau yang paling penting di mana saja di dunia meskipun melihat harimau liar tidak biasa karena harimau nyaman di hutan lebat. Fauna lainnya termasuk gajah, macan tutul, tapir, beruang madu dan ada tujuh spesies primata.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Taman nasional juga merupakan salah satu habitat dari Rafflesia arnoldi yang dapat tumbuh sampai dengan diameter satu meter. Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas juga dapat tumbuh hingga 4 meter. Sebuah bunga yang luar biasa pada ketinggian yang lebih tinggi di Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh adalah javanica Jawa edelweiss Anaphalis, yang hanya tumbuh di gunung berapi.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat dengan beberapa alternatif: Dengan lokasi taman berada di daerah Provinsi Jambi: perjalanan dimulai dari kota Jambi ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km, dengan waktu tempuh sekitar 10 jam dengan menggunakan angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Yuk kunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat!

About Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Check Also

Pantai Berawe Yang Terlupakan

Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara yang memiliki objek wisata yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *