Home / Blog / Alam & Taman / Talaga Bodas Garut, wisata alam yang menyejukan

Talaga Bodas Garut, wisata alam yang menyejukan

Talaga Bodas merupakan sebuah Taman Wisata Alam berupa kawah yang warnanya putih namun bersatu dengan hijau muda dan cukup luas membentuk sebuah danau. Kawasan wisata Talaga Bodas terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Jawa Barat. Kawasan wisata ini memiliki lahan seluas 23,85 hektare dan berada di ketinggian 1.512 mdpl dengan kontur lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam.

foto : blog.tripvisto
foto : blog.tripvisto

Jika diamati, Talaga Bodas ini menyerupai kawah putih Ciwidey karena warnanya sama-sama bewarna putih hijau muda dan memiliki kawah yang luas. Kadar belerang di Talaga Bodas cukup tinggi dan suhunya mencapai 85 – 95 derajat celcius sehingga airnya cukup berbahaya.

foto : ngabolangngabolang.blogspot
foto : ngabolangngabolang.blogspot

Talaga Bodas Garut tak hanya dinikmati pemandanganya saja, kita juga bisa melakukan aktifitas olahraga lainya seperti trekking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan dan berendam disalah satu kolam yang sudah dibuat ditaman ini.  Telaga bodas sendiri karena berada ditengah alam dan berada cukup tinggi membuat cuaca disekitar kawasan ini cukup dingin.

foto : ngabolangngabolang.blogspot
foto : ngabolangngabolang.blogspot

Cara Menuju Talaga Bodas
Buat kalian yang ingin mengunjungi telaga bodas garut ini ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih yakni :

1. Menggunakan jasa transfortasi umum.
Jika kamu menaiki bus dari Jakarta misalnya, kamu bisa berhenti diterminal Guntur Garut kemudian melanjutkan menggunakan angkutan umum jurusan Garut – Cibatu. Minta berhenti di pasar Wanaraja kecamatan Wanaraja Garut kemudian naik ojek menuju lokasi.

foto : gusstrav
foto : gusstrav

2. Menggunakan kendaraan pribadi.
Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bandung, kita bisa melewati Tol Cileunyi – Garut – Wanaraja atau Limbangan – Cibatu – Wanaraja. Setiba di Desa Sukamenak Wanaraja, kita barus bertanya kepada warga setempat karena tidak terdapat plang atau penunjuk arah menuju Kawah Talaga Bodas.

foto : ngabolangngabolang.blogspot
foto : ngabolangngabolang.blogspot

Sebenarnya Jarak dari pasar Wanaraja menuju Kawah Talaga Bodas kurang lebih sekitar 15 kmn dan lumayan jauh dan jalan yang tidak terlalu bagus sampai pintu gerbang kawasan wisata telaga bodas. Untuk Tiket masuk Kawah Talaga Bodas hanya dikenakan biaya sebesar Rp.5.000 saja (2016).

Buat kalian yang membawa kendaarn sendiri, disini sudah tersedia area parkir namun menuju lokasi wisata kalian harus berjalan sekitar 200 meter untuk sampai Kawah Telaga Bodas.

About admin

Foto Profil dari admin
Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Keheningan Danau Paniai, Papua

Papua merupakan wilayah Indonesia bagian Timur, yang selalu memanjakan mata kita untuk mengunjungi wisata-wisatanya yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *