Home / Blog / Alam & Taman / Sungai Sebong Mangrove, Riau

Sungai Sebong Mangrove, Riau

Satu lagi Pesona wisata alam di Pulau Bintan yang bakalan bikin mata membelalak. Jalan-jalan dulu lah.. ke hutan mangrove biar tak kekurangan vitamin liburan. Kawasan ini merupakan salah satu dari destinasi wisata alam Pulau Bintan yang paling ramai di kunjungi. Lokasinya berada di Sungai Sebong Kecamatan Teluk Sebong Bintan Utara.
Foto by tempatliburanterbaik

Menjelajahi hutan mangrove menggunakan boat, menelusuri sungai yang panjangnya mencapai 6,8 kilo meter ini bukan sekedar untuk menikmati pemandangan alam saja, tetapi kita juga akan merasakan bagaimana terlibat dalam sebuah explorasi. Yaitu menemukan dan mengenali berbagai jenis dan manfaat hutan mangrove yang salah satunya merupakan habitat berbagai spesies binatang. Masih banyak yang tidak mengetahui kalau mangrove merupakan salah satu kawasan alam dengan habitat makhluk hidup yang paling komplit di bumi.

Foto by Batamnews
Dapur Arang

Tungku arang atau lebih dikenal dengan sebutan dapur arang oleh masyarakat setempat, merupakan lokasi pembuatan arang yang telah ada sejak lebih dari setengah abad silam. Hutan mangrove sebagai penyedia bahan baku pembuatan arang ikut berperan sebagai salah satu faktor pendorong kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, meskipun telah berhenti sejak beberapa dekade yang lalu. Memasuki Anak Sungaipetualangan akan semakin menantang. Bagi sobat yang menyukai fotografi bertema nature, tempat ini harus menjadi pilihan utama.

foto by tomaimo
Ular Bakau, spesies ular berwarna hitam dengan garis-garis berwarna kuning. Ular ini sedang tidur dan biasanya menghabiskan waktu sepanjang hari hanya melilit di atas cabang atau ranting-ranting pohon bakau. Tak perlu khawatir dengan reptil yang satu ini. Di siang hari dia tidak bisa memaksimalkan penglihatannya. Tetapi tetap perlu waspada alias menjaga jarak demi keselamatan.
King Fisher, atau nama sehari-harinya “Raja Udang”. Hewan yang satu ini merupakan spesies burung tercantik di dalam kelompoknya dan Ia juga dijuluki sebagai raja karena bentuknya lebih besar dari yang lain.
Untuk berjumpa dengannya butuh sedikit keberuntungan, sebab ia hanya muncul di kala air sedang bergerak surut yang mana merupakan waktu berburu bagi kawanan burung pemangsa udang dan ikan.
Waktunya bersantai …!!!. Untuk melihat pemandangan seperti ini tidak perlu harus antri ke kebun binatang. Hewan yang satu ini adalah salah satu spesies monyet yang memiliki nama unik,“Silver leaf”, merupakan anggota dari kawanan. Lutung Kelabu Biasanya mereka berkelana secara berkelompok. Tapi yang satu ini sepertinya sedang galau sendirian saja.

Keindahan alam memang tiada duanya, kawasan ini tidak hanya menarik karena faunanya. Lihat sekeliling, mangrove tumbuh dengan sangat baik, udaranya sejuk dan efektif untuk menenangkan diri. Jika merasa penat karena rutinitas yang padat, cobalah luangkan waktu untuk kembali ke alam.

Wisatawan dari berbagai negara hampir tidak pernah ketinggalan mengunjungi tempat ini. Petualangan yang tidak sia-sia, spot yang sangat direkomendasikan buat traveller. Jangan sampai ketinggalan.

About bubuy

Backpackology

Check Also

Bukit Pabangbon Leuwiliang Bogor, Wisata Baru yang Instagenik

Wisata buatan dengan latar belakang pemandangan alam perbukitan bukan hal baru lagi di indonesia. Setelah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *