Home / Blog / Alam & Taman / Suka Trip yang menantang ? coba saja Riverboarding

Suka Trip yang menantang ? coba saja Riverboarding

Riverboarding merupakan sebuah olahraga yang masuk dalam kategori ekstreem yang dilakukan disungai beraliran air deras dan kencang dan berisi jeram dengan menggunakan sebuah papan sebagai penopang tubuh. Riverboarding bisa juga diartikan sebagai selancar sungai. Yap, kita akan berselancar disungai namun bedanya kita tidak berdiri dipapan selancar seperti berselancar dilautan melainkan rebahan diatas papan selancar dan mengikuti arus sungai.

Wisata Riverboarding yang menantang ( foto : Bara Outdoor )

Riverboarding sendiri memang masih sedikit asing bagi traveller Indonesia mengingat Riverboarding masih jarang diadakan atau menjadi pilihan wisatawan untu berlibur. Namun kini Riverboarding menjadi pilihan bagi pencinta wisata adrenalin atau penuh tantangan dan memacu adrenalin.

Olahraga dan Wisata Riverboarding ( foto : staujam.com)

Tantangan yang akan kita hadapi saat Riverboarding adalah menyeimbangkan tubuh diatas papan selancar dan tidak terjatuh terbawa arus sungai. Karena kita berada dialiran sungai yang mengalir deras dan berbatu membuat kita harus mengikuti arus dengan benar dan menghindari bebatuan disepanjang aliran sungai.

foto : Yardie Tours

Riverboarding sebenarnya bukan olahraga baru karena disebagain negara di Eropa aktivitas ini sudah lama digeluti. Bagi masyarakat di Eropa, Riverboarding dikenal dengan sebutan hydrospeed dan masih masuk dalam aktivitas arung jeram, kayak, canoying dan sejenisnya yang membedakan hanya media yang membawa kita saja. Dan Yang membedakan hanyalah medium yang digunakan dalam pengarungan.

foto : TripAdvisor

Standarisasi perlengkapan yang digunakan jug atak sembarangan mengingat medan yang akan dilalui sangat berbahaya. Kita harus bisa berenang dan juga terbiasa dengan aliran air deras. Perlengkapan yang digunakan wajib full sefty seperti pelampung, pelindung sikut dan kaki, menggunakan sepatu dan juga menggunakan fin untuk memudahkan menggerakan dan menahan derasnya air.

Perlengkapan Wajib safety loh guys (foto : www.liputan1.com)

Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan aktivitas olahraga Riverboarding. Beberapa sungai yang bisa dijadikan untuk Riverboarding adalah :

1. Kalipusur Klaten Jawa Tengah
2. Cikaengan Garut Jawa Barat
3. Cimanus Garut Jawa Barat
4. Kali Biru Bogor Jawa Barat
5. Citarum Cianjur Jawa barat
6. Serayu Purbalingga Jawa tengah
7. Tanah Wuk Sangeh Bali
8. Klawing Purbalingga Jawa Barat
9. Pekalen River Probolinggo Jawa Timur
10. Dan lainya

Biar gak penasaran saksikan vide youtube ini :

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Keasrian Air Terjun Wera, Donggala

Di Indonesia bagian Timur, cukup banyak tempat wisata yang belum kita ketahui, kali ini kami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *