Home / Blog / City Tour & Landmark / Seribu Rumah Gadang – Sumatera Barat

Seribu Rumah Gadang – Sumatera Barat

Jika Anda ingin menikmati suasana perkampungan tradisional Minangkabau tempo dulu yang masih asli datanglah ke Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan yang berjarak 150 kilometer dari Kota Padang, Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

Memasuki Nagari Koto Baru pengunjung akan menyaksikan perkampungan Minangkabau masa lampau. Ratusan rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang di kiri kanan sepanjang jalan perkampungan sebagian besar masih terjaga keasliannya. Pemandangan rumah-rumah adat yang artistik ini mampu menghilangkan letih dan lelah setelah menempuh perjalanan panjang dengan jarak kurang lebih 120km dan memakan waktu kurang lebih 3,5 jam dari Kota Padang ibukota provinsi Sumatera Barat.

Sejumlah rumah gadang di tempat ini usianya telah ratusan tahun. Namun hingga kini masih terawat dan terjaga kelestariannya dengan baik. Untuk merawat rumah gadang ini memang tidak mudah. Sebab kayu yang digunakan pembuatnya merupakan kayu-kayu pilihan yang sangat sulit di dapatkan sekarang ini.

Untuk lebih bisa menikmati keindahan rumah gadang tersebut, pengunjung atau wisatawan bisa dengan berjalan kaki untuk mengelilingi kawasan tersebut. Kawasan seribu rumah gadang juga pernah digunakan tempat pengambilan gambar serial anak “Si Bolang”.

Memasuki Nagari Koto Baru terlihat plang raksasa bertuliskan “Kawasan Saribu Rumah Gadang” di samping pintu masuk Masjid Raya Koto Baru. Di kawasan yang berada di Kecamatan Sungai Pagu tersebut setidaknya terdapat 174 rumah gadang dari berbagai bentuk dan jumlah gonjong yang berbeda-beda, ini menandakan beraneka ragam suku minang diminangkabau seperti suku Melayu, Sikumbang, Kampai dan lain sebagainya, yang menempati kawasan 1000 Rumah gadang ini.

About febeshinta

Foto Profil dari febeshinta
Instagram : @febe_shinta

Check Also

Bendungan Sampean Baru, Destinasi “Instagenic” Di Bondowoso, Jawa Timur

Adalah Bendungan Sungai Sampean Baru di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *