Home / Blog / City Tour & Landmark / Selayang Pandang Jembatan Ponulele, Sulawesi Tengah

Selayang Pandang Jembatan Ponulele, Sulawesi Tengah

Kota Palu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki keindahan panorama alam yang mengagumkan. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan yang langsung mencuram ke laut, diperindah oleh Teluk Palu, dan dilengkapi dengan sungai panjang yang membelah kota. Tidak mengherankan jika kota ini dijuluki sebagai Kota Tiga Dimensi. Keindahan Kota Palu semakin lengkap ketika dibangun Jembatan Palu 4 atau masyarakat menyebutnya Jembatan Ponulele. Nama Ponulele diambil dari nama Gubernur Sulawesi Tengah, Aminuddin Ponulele yang saat itu masih menjabat ketika jembatan ini dibangun. Jembatan yang membentang di atas muara sungai di kawasan Teluk Palu ini menghubungkan antara Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.

Foto by karetjembatan

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Mei 2006 ini merupakan jembatan lengkung pertama yang dibangun di Indonesia. Di dunia, jembatan yang didominasi oleh warna kuning dan berbentuk huruf “M” ini tercatat sebagai jembatan lengkung ketiga setelah jembatan lengkung di Jepang dan di Perancis dengan panjang sekitar 300 meter. Jembatan Palu 4 kini telah menjadi salah satu ikon pariwisata sekaligus landmark Kota Palu.

Berkat adanya jembatan ini, akses menuju ke Teluk Palu serta dua kawasan keramaian lain di sekitarnya, seperti Taman Ria di sebelah utara dan Pantai Talise di selatan menjadi semakin lancar. Hal ini terjadi karena Jembatan Palu 4 didesain menjadi jalur yang dapat dilalui dari Kota Palu menuju Donggala atau jalur lingkar luar. Jembatan Palu 4 atau Ponulele terletak di Muara Sungai Palu, Jalan Rono – Jalan Saleh. Secara administratif, jembatan ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Besusu, Kecamatan Palu Timur dan Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal menarik untuk dinikmati saat berada di atas Jembatan Palu 4 di malam hari adalah menyaksikan keindahan lampu-lampu perahu nelayan yang berkelap-kelip dan lalu-lalang di perairan Teluk Palu. Dari atas jembatan ini, Anda juga dapat melihat jelas gambaran Teluk Palu yang ditandai dengan sinar lampu di sepanjang bibir pantai. Selain itu, jembatan ini juga dianggap sebagai tempat yang sesuai bagi Anda pemburu sunrise dan sunset.

About BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Check Also

Liputan Trip Eksplore Batam & Bintan Perdana Backpacker Jakarta

Untuk Pertama kalinya Backpacker Jakarta mengadakan Trip Eksplore Kepulauan Riau dan tempat yang akan dieksplore …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *