Home / Blog / Alam & Taman / Pesona Pulau Buaya, Papua Barat

Pesona Pulau Buaya, Papua Barat

Asal usul diberi nama pulau Buaya karena secara tidak langsung kalau kita lihat bentuk Pulau ini seberti Buaya. Namun, tidak seseram namanya, pulau ini menawarkan wisata bahari yang amat menyenangkan. Laut yang masih bersih, jernih dan jauh dari pencemaran lingkungan. Di hamparan pantai terdapat sebagian besar di kelilingi oleh pepohonan kelapa. Pasir pantainya yang lembut dan hawa yang sejuk pasti memanjakan siapa saja yang datang ke tempat ini bersama saudara dan kerabat. Di Pulau Buaya ini juga ada pemukiman penduduknya, tapi tidak banyak dan mendominasi pulau ini. Agar bisa sampai ke Pulau Buaya, kita bisa naik kapal atau taksi air dari pelabuhan sorong.

Foto by TripTrus

Untuk berkunjung ke Pulau Buaya, para wisatawan lokal maupun asing dapat dicapai dari pelabuhan Sorong dengan menggunakan kapal atau taksi air. Karena di sana tidak ada angkutan umum kapal sehingga wisatawan perlu menyewa kapal untuk pulang-pergi. Tarifnya antara 200 ribu hingga 250 ribu, tergantung hasil tawar-menawar dengan pemilik kapal. Jarak tempuh dari pelabuhan Sorong kurang lebih 45 menit perjalanan laut. Pengunjung lokal maupun mancanegara bisa turun di dermaga ataupun tepi pantai. Tidak ada tarif untuk masuk kawasan pulau ini. Keindahan pantai pasir putih dari Pulau Buaya serta keunikan bawah laut dan sunset yang cukup indah sehingga Pulau Buaya bisa di sebut layak dikembangkan menjadi destinasi wisata di Kota Sorong Papua ini.

Tidak lengkap rasanya jika liburan ke sebuah destinasi wisata tanpa mencoba wahana maupun fasilitas yang ada di destinasi wisata tersebut. Karenanya Pulau Buaya menyediakan sejumlah fasilitas wisata yang dapat di coba oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Seperti perahu yang memuat sekitar 150 orang untuk sarana transportasi dengan ongkos yang sangat murah pulang pergi, kemudian adanya fasilitas banana boat, perahu karet dayung, Donut Boat, Parasailing, Paintball Outbond, Flying Fish, dan lain- lain. Dilanjut dengan  tersedianya cottage- cottage, baik yang berada di sekitar laut Pulau Buaya maupun berada di daratan Pulau Buaya. Pengembangan wisata dari Pulau Buaya ini tidak akan terlepas dari kerjasama pihaknya dengan Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Kota Sorong Papua.

Disadur dari; Pesona Indonesia dan Pariwisata Sorong

About BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Check Also

Pantai Srau, Pantai Karang Bolongnya Pacitan

Pantai Srau adalah salah satu Pantai cantik yang ada di Kabupaten Pacitan Jawa timur. Pantai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *