Home / Blog / PESONA GOA PUTRI BATU RAJA, SUMATERA SELATAN

PESONA GOA PUTRI BATU RAJA, SUMATERA SELATAN

Jika anda mengunjungi Palembang, pasti anda akan terpukau oleh luasnya Sungai Musi, tapi taukah anda jika di Palembang terdapat Goa yang menawan? Ya, Goa Putri BatuRaja jawabannya. Goa Putri merupakan goa terbesar dari lima goa yang ada di perbukitan karst Bukit barisan di Desa Padang bindu. Kedalaman Goa Putri diperkirakan mencapai 150 meter, ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 20-30 meter. Akses untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri. Mengenai tarif transportasi untuk kesana cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang gemar berkunjung di tempat wisata ini.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Perlu anda ketahui, Goa yang terletak sekitar satu kilometer yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim ini menjadi salah satu ikon objek wisata yang diminati oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri, luar biasa bukan? Goa Putri mampu menciptakan keindahan dan nilai sejarah yang tidak boleh untuk dilewati. Di Goa ini juga mengalir Sungai Sumuhun yang menurut ceritanya apabila anda mandi atau mencuci muka di aliran sungai ini, maka semua keinginan anda dapat terwujud.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Pesona Goa ini juga terletak pada keunikan stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Stalaktit itu merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit Goa. Sedangkan Stalagmit adalah bebatuan yang berbentuk kerucut es yang menghadap keatas dapat ditemukan di lantai Goa.kita dapat menemukan sebuah hamparan karst yang menyerupai panggung. Di belakangnya teruntai sejumlah stalaktit dari ukuran kecil dan besar. Karena mendapatkan penerangan lampu warna putih dan merah, panggung yang disebut warga setempat sebagai panggung tempat para putri menari, cukup menarik untuk kamu lihat. Jika dipukul, stalaktit dan stalakmit ini menimbulkan suara. Namun harus berhati-hati jangan sampai merusaknya.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Di lokasi ini sangat jarang dijumpai penjual makanan dan minuman, anda sangat dianjurkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Suasana di sana sangat nyaman, pepohonan besar melindungi anda dari terik sinar matahari. Di sini juga terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan secara gratis. Yang penting harus jaga selalu kebersihan dan membawa alas untuk duduk.

Yuk Kunjungi dan Rasakan Pesona Goa Putri BatuRaja!

About Hanindi Fajrina Tri Hardi

Foto Profil dari Hanindi Fajrina Tri Hardi
Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Check Also

Hai Hijabers!! Ini Tips Memilih Baju Untuk Liburan Yang Comfortable Tanpa Terlihat Rempong

Menjelang long weekend, tentunya akan banyak tanggal merah atau tanggal cuti yang minta banget dibelikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *