Home / Blog / Air Terjun / Pesona Air Terjun Bidadari

Pesona Air Terjun Bidadari

Nama lain Air Terjun Bidadari adalah Ayek Asam menurut warga setempat.  Air terjun yang bermuara ke Sungai Lematang ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan lebar atas sekitar 10m dan bawah sekitar 15m. Air Terjun Bidadari – Lahat berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan.

52WkjDlOY4

foto : southsumatratourism.com

Rute menuju Air Terjun Bidadari, berjarak kurang lebih 16 km dari kota Lahat atau 231 km dari kota Palembang.  Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari kota Palembang bisa menggunakan travel atau bis rute Palembang-Lahat di terminal Karyajaya Palembang dan turun di Desa Karang Dalam.

Waktu tempuh dengan bis inisekitar 7 jam perjalanan.  Alternatif lain adalah naik kereta api rute Palembang-Lahat di Stasiun Kertapati Palembang dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan.  Selanjutnya dari kota Lahat perjalanan diteruskan dengan naik travel atau bis rute Lahat-Pagaralam dan turun di Desa Karang Dalam.

Air-Terjun-Bidadari-dengan-ketinggian-30-meter-berada-di-tengah-hutan.-Asri-dan-bebas-dari-sampah.-Foto-Pinasti-Zuhri

foto : Pinasti Zuhri

Sesampainya di Desa Karang Dalam perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang melewati perkebunan penduduk berupa kopi dan karet.  Waktu tempu yang dibutuhkan ke lokasi air terjun sekitar 45 menit dari desa tersebut.

Di tepian sungai, tumbuh pohon-pohon rindang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasana semakin teduh. Pepohonan yang tumbuh antara lain mahoni dan bambu. Selama di air terjun, ditemukan juga sejumlah jenis burung madu, jenis bondol, dan kupu-kupu.

 

About RARA.diandra

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *