Home / Blog / Pulau / Persinggahan Pulau Jemur yang diketahui Penyu Hijau

Persinggahan Pulau Jemur yang diketahui Penyu Hijau

Pulau Jemur

Foto : serpihantanahsurgaindonesia

Apakah Indonesia merupakan gambaran surga sebenarnya, tiada yang tahu pasti. Setiap serpihan ciptaan-Nya membuat saya tak hentinya bersyukur dan selalu memanggil-manggil nama-Nya. Apalagi menceritakan keindahan pulau yang begitu direkomendasikan negara tetangga ini namun sepi pengunjung dari negara pemilik pulau ini. Pulau Jemur merupakan salah satu dari pulau kecil yang ada di Kabupaten Rokan hilir, Riau. Terletak sekitar 70 km dari Bangansiapiapi dan sekitar 65km dari pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau Jemur merupakan salah pulau gugusan pulau dari kepulauan Arwah dan yang paling luas.

Penyu Hijau
Foto : gpswisataindonesia (Penyu Hijau)

Keindahan alam pulau ini membuat pengunjung yang memandang tersenyum lebar dan terkagum-kagum. Selain menawarkan pesona hamparan lautan yang luas. Pulau ini menarik minat spesies yang langka yakni Penyu Hijau untuk menikmati indahnya pantai pasir putih dan bertelur pada musim tertentu. Keindahan taman laut pulau ini sangat diacungi jempol karena merupakan lokasi potensi penghasil ikan dengan terumbu karang. Bisa dibayangkan ketika didaratan berjalan di atas pasir dengan sekumpulan Penyu Hijau. Ketika menyelam atau sekedar snorkling di bawah laut  ditemani oleh rombongan ikan-ikan diatas terumbu karang yang menghiasinya. Sungguh adventure yang berbeda yang akan kamu alami.

Goa peninggalan Jepang
Foto : serpihantanahsurgaindonesia (Goa peninggalan Jepang)

Adventure belum selesai disitu saja. Pulau yang tidak berpenghuni ini, terdapat sisa peninggalan penjajahan Jepang yakni Goa jepang, Mercu Suar, sisa-sisa pertahanan Jepang dan batu panglima Layar. Pulau persinggahan para nelayan ini hanya terdapat sebuah pos pengawasan dan navigasi para TNI AL kita. Sehingga jika bermalam di Pulau ini kamu dapat menginap di Pos Penjagaan TNI AL dengan fasilitas seadanya.

New Picture (2)

Untuk mencapai menuju Pulau Jemur dari Pekan Baru menuju Pelabuhan Bangansiapiapi bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Setelah sampai Pelabuhan kamu bisa menyewa kapal atau ferry dengan lam perjalanan sekitar 2 jam. Pulau Jemur satu dari gugusan pulau kecil yang terdapat di bagian barat Indonesia yang memberikan warna adventure baru siapa saja yang melancong ke sana. Indonesia bagian terkecil dari surga dunia.

 

 

About YENI FOUNDA ZAHRIAL

Check Also

Goa Rangko. Sensasi Kolam Pribadi Alami Di Nusa Tenggara

Hai guys, sebagai seorang backpacker tentunya keinginan untuk mengexplore keindahan yang ada di dunia khususnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *