Home / Blog / City Tour & Landmark / Perdana!! Explore Panorama Pabangbon Dan Bukit Roti, Bogor

Perdana!! Explore Panorama Pabangbon Dan Bukit Roti, Bogor

Bogor merupakan kota wisata yang sudah tidak asing lagi bagi warga ibu kota. Selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, Bogor juga banyak dikunjungi karena memiliki banyak curug, bukit, gunung serta wisata lainnya. Nah, disini Bogor kembali menghadirkan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik yaitu panorama wisata Pabangbon dan Bukit Roti.

Pada kesempatan kali ini, Backpacker Jakarta untuk pertama kalinya mengunjungi kedua lokasi wisata tersebut pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 yang di gawangi oleh Emma, Ferdinan dan Mahesa. Dengan biaya sharecost sebesar Rp76.710,- (untuk member BPJ) dan Rp87.710,-(untuk Non Member BPJ), trip ini diikuti oleh 20 orang peserta. Biaya SC yang terbilang sangat murah, kami semua sudah bisa menikmati keindahan panorama Pabangbon dan spot tambahan yaitu Bukit Roti yang terletak di Ciampea, Bogor.

Perjalanan diawali dengan berkumpul ditempat yang telah disepakati sebelumnya yakni KFC Stasiun Bogor pada pukul 07.30 pagi. Setelah semua berkumpul, sekitar jam 08.30 kami berangkat menuju lokasi menggunakan 2 angkot yang telah disewa pada hari sebelumnya. Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 1 jam 30 menit dan sampai di lokasi pukul 10.00. Sebelum mengexplore panorama Pabangbon, semua peserta berkumpul untuk diberikan pengarahan. Oh iya, untuk biaya masuk nya sebesar Rp10.000,-/peserta.

Wisata Pabangbon ini masih terbilang baru. Spot yang ditawarkan seperti rumah pohon dengan view perbukitan nan hijau yang menyejukkan mata. Di sana kami bisa berfoto di titik spot yang telah tersedia seperti Spot Kapal, Kupu-kupu, Love, Naik Flying Fox dan juga Ayunan di ketinggian bukit seperti yang terdapat di Lodge Maribaya-Bandung, serta rumah-rumah pohon yang instagrammable.

Setelah puas menjelajah Panorama Pabangbon hingga pukul 12.00, perjalanan dilanjutkan dengan makan siang di Rumah Makan Bukit Pabangbon. Sambil menunggu hidangan, kami isi dengan sesi perkenalan peserta dan pembagian doorprize. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang, sholat Dzuhur dan istirahat sampai pukul 13.30.

Perjalanan dilanjutkan menuju Bukit Roti dengan estimasi perjalanan kira-kira 45 menit, dan sampailah kami di parkiran menuju Bukit Roti. Sebelum melakukan trekking, kami melaksanakan sholat Ashar berjama’ah di musholla, lalu dilanjutkan dengan briefing dan doa sebelum mulai trekking ke Bukit Roti.

Trekking menuju puncak Bukit Roti sedikit terjal dengan medan berbatu. Dengan Biaya simaksi sebesar Rp5.000,-/peserta dan waktu tempuh kira-kira 30 menit, sampailah kami di puncak Bukit Roti. Puncak bebatuan dengan view langsung menghadap kota Bogor begitu damai di pandang. Bukit ini cocok bagi pemula yang menyukai Hiking.

Banyaknya bebatuan unik membuat tempat ini sekilas terlihat seperti Stone Garden di Bandung. Sore-sore memandang indahnya kota Bogor dari ketinggian meninggalkan sensasi tersendiri. Namun karena matahari yang mulai beranjak turun memaksa kami untuk segera beranjak pula. Kami mulai trekking turun pukul 16.30 dan sampai kembali di parkiran pukul 17.00.

Kami beristirahat sejenak melepas lelah dan dahaga di warung sekitar kemudian bersiap kembali ke Stasiun Bogor pukul 17.30. Perjalanan menuju stasiun Bogor sudah mulai macet namun alhamdulillah kita bisa sampai kembali di Stasiun pukul 19.00. Kami sempatkan untuk makan malam bersama di warung sekitaran stasiun dan kemudian kembali ke stasiun untuk pulang ke kediaman masing-masing.

“Kesan dan pengalaman yang gue dapatkan di trip pabangbon dan bukit roti ini mungkin tak akan pernah bisa dilupakan dan kenangan itu akan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik untuk diceritakan kembali. Kebersamaan yang sangat terasa pada saat berada di perjalanan, pada saat ditempat wisata, dan foto bersama itu semua dapat  menambah kekompakan serta rasa kekeluargaan antara peserta lain.” Begitulah kesan dari Dicky warga RT 26 tentang trip yang Ia ikuti kali ini.

Lain pula kesan nya dengan Tyas, warga Non-RT . Menurut Tyas, perjalanan ini merupakan trip pertamanya bersama BPJ, “Yang pasti seru banget sih, ga kaku, tempat wisatanya kece apa lagi Bukit Roti buat gw yang agak takut tinggi tapi lumayan dah bisa manjat. Pesan nya ya kalo bisa jangan terlalu ngaret berangkatnya!”

Itulah sekilas tentang perjalanan kami ke Pabangbon dan Bukit Roti.

See you next trip!

Author : Emma @backpackerjakarta_14
Editor : @febe_shinta

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Bukit Moko, Keindahan Dari Atap Kota Bandung

Bukit Moko, merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1500mdpl. Bukit ini terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *