Home / Editor Picks / Pendakian Puncak Lawu Hargo Dumilah

Pendakian Puncak Lawu Hargo Dumilah

Para sahabat petualang, tentunya sering mendengar kalimat ” Seven Summit of Java” kan? Nahh, Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang termasuk dalam kategori tersebut. Penasaran dong dimana sih lokasinya?? Gunung ini berlokasi di Magetan Jawa Timur. Jika anda dari Kota Solo, bisa langsung menuju kota Tawangmangu sekitar 2 jam perjalanan. Dengan ketinggian 3265mdpl, gunung ini tampak gagah bagi setiap mata yang memandangnya, membuat hati tergerak untuk melangkahkan kaki menapakinya.

gunung lawu

Gunung Lawu sendiri dikenal memiliki beberapa jalur pendakian, jalur selatan via Cemoro sewu , jalur barat via Cemoro kandang, atau bisa juga via candi cetho. Tapi kali ini saya akan membahas Lawu via Cemoro Sewu, merupkan jalur favorit sekaligus jalur yang saya rasa lebih aman bagi anda yang baru pertama kali ke Lawu, jalur ini berupa jalan bebatuan yang sudah tertata sedemikian rapi sehingga tinggal ikuti saja setapak demi setapak batuan tersebut dengan mode jalurnya ngetrack.

pendakian lawu

Dimulai dari titik 0 KM jalur cemoro sewu menuju pos 1 jaraknya lumayan panjang, dijalur ini bisa ditemui buah berry jawa yang rasanya asem asem kecut, dan dipercaya buah ini cocok buat menambah stamina mendaki. Menuju pos 2 kita akan disuguhkan oleh sebuah pemandangan batu gede, Watu Jago namanya. Jarak yang terbilang paling panjang memang dipos 1&2

Jalur yang semakin berat akan semakin terasa setelah sampai di Pos 3 menuju Pos 4. Di Pos 4 ini kita bisa jumpai tebing kapur berwarna putih. Namun jangan menyerah dulu tanjakan menuju Pos 5 akan mulai berkurang , bisa dibilang di pos ini banyak jalanan bonus, berupa jalan datar dan menurun.

puncak gunung lawu

Setelah melewati pos 5 , tepatnya diatas Sendang Drajat bisa kita jumpai lokasi yang cukup luas, disinilah para pendaki biasa mendirikan tenda. Jika kita tiba di pos ini malam hari pemandangan gemerlap lampu kota tawangmangu dan sekitarnya seperti kunang-kunang bertebaran bisa kita nikmati dari ketinggian 3000an mdpl. Sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya.Lokasi diatas Sendang Drajat ini juga sangat cocok untuk pengambilan spot Sunrise yang keren dan “ajib”,istilah para petualang. Tidak kalah penting , satu lagi jika perbekalanmu mulai menipis jangan khawatir, di gunung lawu ini banyak sekali warung yang sudah terkoordinasi dengan baik di setiap pos, sehingga pendaki tidak perlu repot untuk bisa menambah energy mampir sebentar di warung warung tersebut.

puncak hargodumillah

Lalu dimana lokasi puncak gunung lawu itu sendiri?? .Dari Sendang Drajat menuju ke Puncak Hargodumilah berjarak sekitar 200 mdpl. Gunung Lawu sendiri memiliki 3 puncak, Yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo dumilah sebagai puncak tertinggi.

Sepanjang jalan menuju puncak kita akan disuguhi indahnya hamparan sabana luas yang memukau, dengan pohon edelways cantik disekelilingnya. Jika kalian melewati puncak Hargo dalem, kalian akan menemukan sebuah warung, satu-satunya Warung tertinggi di Indonesia, Siapa lagi kalau bukan warung Mbok Yem dengan menu pecelnya yang istimewa dan membuat para pendaki akan selalu rindu untuk kembali. Puncak Lawu ditandai dengan sebuah tugu, dari tugu itu akan tampak gunung Merapi Merbabu, Semeru, gunung Arjuno serta gunung Wilis, yang mengintip dibalik awan tebal. Gagahnya gunung-gunung di seberang rasanya sedang merayu, cemburu ingin didaki saat itu juga. Sedikit menengok kebawah ada sabana pasar bubrahnya Lawu yang bisa dilewati jika kita mendaki via Cemoro Kandang.

Bagaimana, masih penasaran seperti apa kegagahan Gunung Lawu serta sensasi citarasa makan pecel Mbok Yem yang tidak ada tandingannya??

So, Take Your Backpack, Go and Climb It !!!

Editor : Fadlun

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Website Kalian Mau Menjadi Publisher Google Adsense? Perhatikan Syaratnya

Mau agar website kalian menjadi Publisher Google Adsense (GA)? Pasti mau kan kan kan? Sekarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *