Pendakian Gunung Slamet via Bambangan Purbalingga

Pada Tanggal 12-13 November 2016 kemarin Temen-temen Backpacker Jakarta kembali mengadakan pendakian ke Gunung Tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi ke 2 dipulau Jawa. Gunung Slamet Jawa tengah ini menjadi pendakian kami berikutnya dimana ada 27 peserta dan 2 cp yakni emye dan apri yang ikut pendakian slamet part 2.

Salah satu Cp Apri
Cp lainya Emye

Kami memutuskan pendakian dilakukan dengan hanya 1 kali camp saja dimana umumnya pendakian ke slamet adalah 2 kali camp mengingat ketinggian gunung Slamet mencapai 3428 Mdpl. Seperti biasanya kita berangkat tepat pukul 21.30 dari sekretriat Backpacker Jakarta di Cawang Uki. Kami menaiki bus AC sedang berkapasitas 29 orang.

Makan dulu & bersiap sebelum menanjak

Sabtu pukul 7.30 kami tiba tepat di Purbalingga dimana lokasi Basecamp Bambagan berada. Jembatan yang menghubungkan jalan menuju basecamp sedang direnovasi sehingga kami memutuskan memutar arah dan mencari jalan lain menuju basecamp. Tepat pukul 8.00 akhirnya kami tiba di Basecamp Bambangan, sayangnya basecamp tersebut sedang direnovasi sehingga kami mencari warung untuk beristiraat sejenak sekaligus packing ulang dan bersiap2 sebelum nanjak.

Foto bersama sebelum Pendakian

Setelah absen dan berdoa kita memulai pendakian pada pukul 09.00 pagi. Pendakian slamet part 2 diikuti 8 orang wanita-wanita tangguh dan sisanya pria-pria tangguh. Entah mengapa tim ini begitu kuat dimana masing2 personilnya memiliki kekuatan dan kemampuan pendakian yang cukup sehingga alhamdulilahnya kita tiba dipos 5 dengan sangat cepat yakni pukul 15.00 sore hari.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-128
Jalur Pendakian menuju Pos 1 akan melewati Perkebunan warga

Pagi hingga sore cuaca begitu mendukung sehingga memudahkan kita melakukan pendakian. Seperti yang kita ketahui ada 9 pos yang harus ditempuh menuju puncak Slamet. Namun umumya pendakian akan melakukan camp dibeberapa pos seperti Pos 3, pos 5 dan pos 7.

Jalur Pendakian menuju Pos 1

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-83

Jangan khwatir mengenai makanan dan air guys karena hampir setiap pos ada warung yang berjualan seperti pos 1, pos 2 , pos 3 dan pos 5 tempat kami camp. Karena saat itu masih masuk musim hujan jadi tidak begitu banyak pendaki yang melakukan pendakian.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-2

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-82

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-125

Dari 27 peserta yang ikut pendakian slamet kami bagi menjadi 5 kelompok dimana masing-masing kelompok ada 5-6 anggota. Hal ini bertujuan mempermudah koordinasi baik perlengkapan kelompok maupun saat pendakian.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-53

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-111

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-77

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-55

Pukul 15.00 kami tiba di camp yakni pos 5. Beruntung karena saat itu cuaca masih terang dan belum berdiri banyak tenda-tenda sehingga kami bisa berkelompok. Wah ada pelangi yang menghiasi langit Gunung slamet sore itu .

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-67

Pos 5 Tempat kita Camp

Pukul 09.00 malam mulai turun hujan perlahan hingga muncul petir yang cukup kuat. Mengingat kami sudah mempersiapkan kemungkinan hujan deras turun, semua tenda dilapisi flaysheet meminimalisir kebocoran tenda. Beruntung pula karena malam itu cucanya tidak begitu dingin sehingga sepanjang malam kami bisa tidur cukup nyenyak meski hujan.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-27

Menuju Pos 8 & 9 akan menjumpai savna dan vegetasi

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-107

Pukul 04.30 pagi kami mulai melakukan pendakian kepuncak slamet. Oh ya pendakian dari pos 5 tempat kita camp menuju pos 6 dan pos 7 maupun pos 8 tidak terlalu jauh. Hanya dibutuhkan 1 jam pendakian untuk sampai dipos terakhir yakni pos 9 sebelum melakukan pendakian kepuncak Slamet.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-105

Pos 9 pos terakhir sebelum summit

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-103

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-138

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-127
Akan melwati bebatuan dan pasir saat menuju puncak Slamet

Meski cuaca kurang mendukung karena hujan mulai turun dan kabut memenuhi area pendakian bahkan sampi puncak slamet namun kami bisa melewatinya. Pada pukul 07.45 kami sampai dipuncak gunung tertinggi Slamet 3428 Mdpl. Alhamdulilah sekali semua tim dan peserta ikut pendakian hingga kepuncak Slamet sehingga kita bisa foto2 bersama mesi banyak diantaranya memutuskan turun duluan karena cuaca diatas masih hujan dan dingin.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-1

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-4

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-9

Tiba dipuncak Slamet

Setelah puas berfoto sekitar pukul 8.40 kami akhirnya turun kebawah tempat kita camp. Licinya jalan yang dilalui membuat kita berkali2 terjatuh terpeleset. Butuh waktu sekitar 1 jam dari puncak selamet sampai kembali di pos 5. Setelah mengisi perut dan packing pukul 12.00 kita memutuskan untuk turun kebawah.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-70

Jalan Licin karna Hujan

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-76

Awas salah jalur

Hujan mengiri selama kita turun. Tak heran jika kotor dan liciny ajalur membuat sedikit hambatan terlebih jalur yang dilalui cukup sempit. Oh ya sekdar info saja selama pendakian kita tidak akan menemukan jalan datar karena hampir semuanya berupa kemiringan yang cukup terjal untuk dlalui.

Pemandngan saat Turun dimana akan menjumpai padang awan

Beruntungnya semua peserta memiliki kemampuan yang hebat sehingga meski hujan dan licin semuanya bisa menyelesaikanya dengan tepat waktu. Pukul 15.00 sebagian peserta sudah sampi di pos bawah alias basecamp. Setelah mandi dan makan akhirnya pukul 17.00 kita memutuskan pulang kembali kejakrta.

pendakian-slamet-backpacker-jakarta-23

foto2 dulu sebelum pulang

Oh ya ada beberapa kejadian yang lucu dimana saat pulang segerombolan temen2 BPJ yang duduk dibarisan belakang meminta berhenti karena mereka muntah. Aneh sih baru kali ini selama pendakian saat pulang ada banyak yang muntah, entah karna apa mungkin saja masuk angin tapi kok raeman ya haaaaa…

Pukul 03.30 dini hari kami akhirnya Tiba di Sekretariat BPJ UKI. Alhamdulilah semua perjalanan dan pendakian ke slamet berjalan lancar. Thanks guys kalian luar biasa.

DAFTAR PESERTA YG IKUT

2. Emye

Hits: 1013

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )