Home / Kuliner / Pempek Makanan Asal Palembang Yang Nikmat

Pempek Makanan Asal Palembang Yang Nikmat

Sumber : wwwpempektennycom

Siapa yang tidak mengenal pempek? Hampir semua orang di Indonesia mengenai pempek makanan khas dari Palembang. Pempek sudah menjadi makanan yang akrab di lidah masyarakat Indonesia dengan hadirnya banyak penjual dari restoran besar hingga pendagang keliling sampai online pun ada. Termasuk salah satu makanan favorite saya sejak kuliah hingga sekarang. Ketika lagi suntuk, bosen dengan rutinitas makan pempek yang nikmat dengan kuah pedas, manis, gurih ditambah kerupuk akan menghasilkan rasa yang mantap.

Pempek sudah melekat dengan kota Palembang dan tak dapat dipisahkan. Anda belum resmi mengunjungi kota Palembang kalau belum mencicipi pempek dari tanah bumi Sriwijaya. Hasil sempurna pempek adalah dari adonan empe-empek dan kuah cuka/cuko yang menjadi penentu masakan wong kito ini. Saos pencelup bernama cuko inilah yang membuat pempek menjadi spesial dan berbeda dari hasil olahan lainnya. Cuko atau saos pempek terbuat dari cabe rawit, udang kering ebi dan bawang yang dihaluskan. Semua bahan saus cuko direbus bersamaan dengan air, gula merah juga asam jawa lalu didihkan dengan api kecil hingga rasa langu atau pedas menyengat cabe rawit hilang atau berkurang. Cuko memiliki rasa campur aduk: pedas dari cabe, manis dari legit gula jawa, asam dari buan tamarind (asam jawa), asin dan gurih dari ebi serta garlick dari bawang putih, semua menyatu menjadi saus cuko yang memiliki rasa memikat.

Ada beberapa model pempek khas Palembang, untuk mengolah hidangan ini bahan dasarnya sama saja tapi bentuk nya yang berbeda. Berikut ini menu dari salah satu toko online, pempek Lela beserta harga persatuannya.

1. Pempek Kapal Selam

  • Ukuran Besar, @ Rp.13.000,- (berat + 150 g)
  • Ukuran Kecil, @ Rp.3.500,- (berat + 40 g)

Sumber : Pempek Kapal Selam, photo by Pempek Lela

2. Pempek Adaan

  • Ukuran Kecil, @ Rp.3.500,- (berat + 40 g)

Sumber : Pempek Adaan, Photo by Pempek Lela
3.  Pempek Lenjer
  • Ukuran Besar, @ Rp.13.000,- (berat + 150 g)
  • Ukuran Kecil, @ Rp.3.500,- (berat + 40 g)

4. Pempek Kulit
  • Ukuran Kecil, @ Rp.3.500,- (berat + 40 g)

5.  Pempek Telor

Sumber : Sisisil

6. Pempek Keriting

Sumber : tokopedia
Jika kita ingin menikmati pempek kita bisa jumpai di banyak tempat dan bisa beli secara online. Ada banyak pilihan toko online pempek beku dengan berbagai merk dan harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp. 100.000,- per paket kita bisa menikmati berbagai macam pempek sesuai kebutuhan, untuk makan sendiri, arisan, pertunangan, ulang tahun, pernikahan, gathering, dan lain sebagainya.
Indonesia itu kaya dengan di anugrahi alam yang indah, budaya dan makanan yang bervariasi. Pempek dari Palembang adalah salah satu nya dan teman-teman layak mencoba nya dengan rasa yang nikmat dan pas di lidah.
Referensi by : resepjuna.com, pempekpalembangasli.wordpress.com
Created by : Nancy S

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Mencari Soto Ayam Kampung Asli? Ke Warung Niki Echo Aja!

  Kamu penikmat soto atau pemburu kuliner? Kalau iya, artinya kamu wajib banget nih icip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *