Home / Blog / Pemandangan di Puncak Gunung Sumbing

Pemandangan di Puncak Gunung Sumbing

Gunung Sumbing dilihat dari Sindoro
Gunung Sumbing dilihat dari Sindoro

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. Berdiri tegak setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Sunrise Gunung Sumbing
Sunrise Gunung Sumbing

Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai “Kledung Pass”

Dari Gunung Sumbing
Dari Gunung Sumbing

Gunung Sumbing memiliki tiga jalur pendakian namun hanya satu yang paling populer. Jalur-jalur tersebut yakni jalur Cepit Parakan (Pungungan Timur), Jalur Bogowongso (Pungungan Barat), dan Jalur Desa Garung (Pungungan Utara). Jalur via Garung menjadi favorit pertama karena jalurnya lebih pendek dan lebih bagus pemandangannya.

Jalur Tracking yang dilalui menuju puncak
Jalur Tracking yang dilalui menuju puncak

Untuk mencapai kaki gunung Sumbing kamu bisa melewati Wonosobo (arah barat) atau dari Temanggung (arah timur). Jika naik kendaraan pribadi akan lebih mudah kamu hanya perlu mengikuti jalur menuju pos pendakian gunung Sumbung. Jika menggunakan kereta kamu bisa turun di Yogyakarta, dari Jogja dilanjutkan naik bus menuju Magelang atau Temanggung dilanjutkan angkutan umum menuju Wonosobo atau bilang saja arah gunung Sumbing.

Pemandangan selama Tracking
Pemandangan selama Tracking

Selama dalam perjalanan mendaki Gunung Sumbing, nantinya kamu akan ditemani oleh keindahan pesona Gunung Sindoro yang tampak begitu indah dan jelas diseberang jalan. Wajar saja, karena Gunung Sindoro merupakan tetangga dekat dengan Gunung Sumbing, keduanya akan memberikan kemegahan alam yang luar biasa.

Backpacker Jakarta dipuncak Gunung Sumbing
Backpacker Jakarta dipuncak Gunung Sumbing

Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati ketika mencapai puncak Sumbing, yaitu menikmati terbitnya matahari dari atas ketinggian gunung merupakan moment terindah yang wajib kamu abadikan prosesnya, ngopi di ketinggian bisa menjadi salah satu teman baik menikmati keindahan alam semesta.

About Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Check Also

Liputan Trip Pendakian Gunung Bongkok Part #9

Kecil-kecil cabe rawit. Kira-kira begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Gunung Bongkok. Gunung dengan ketinggian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *