Home / Blog / Alam & Taman / Panorama Alam Desa Wisata Tongging

Panorama Alam Desa Wisata Tongging

Terdapat sebuah desa kecil di pinggiran Danau Toba. Yang sudah cukup tersohor ke seluruh negeri. Letaknya dibawah bukit terjal, dengan panorama alam yang sangat menawan.  Tahukah kalian, pada uang kertas nominal Rp 1.000 terdapat cetakan gambar pemandangan Danau Toba yang diambil dari ketinggian 900 mdpl. Gambar tersebut diambil dari kawasan Desa Tongging. Dari desa ini, kamu dapat memandang panorama kaldera Gunung Purba Toba sepuasnya. Selain itu, kamu akan dimanjakan dengan Air Terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu Air Terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter yang  terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo, dan mengalir dari sebuah gua disisi kawah Danau Toba.

Banyak sekali hal-hal menarik dan menyenangkan yang dapat dilakukan saat berwisata ke Desa Tongging, diantaranya adalah menikmati segarnya bermain air di pinggiran danau Toba. Selain itu, juga dapat menyewa perahu-perahu kecil yang memang disewakan oleh penduduk setempat untuk berkeliling dan menikmati indahnya pemandangan danau dari atas perahu serta sudah pasti hal ini akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan, bukan!

Foto by https://satuceritadalamhidupku.wordpress.com

Berkeliling dengan perahu kecil sambil menikmati sejuknya air dan berfoto-foto mengabadikan keindahan alam yang mempesona. Setelah itu,  kita akan ditantang untuk menaklukan ratusan anak tangga yang menuju Air terjun Sipiso-piso. Tangganya terjal dan cukup jauh, sehingga pastikan kamu memiliki stamina kuat serta membawa bekal air minum dan jangan membawa bawaan yang berat.

Desa Tongging berada di Kecamatan Merek sebelah utara Danau Toba. Dari Medan menempuh perjalanan selama 2 jam melewati Berastagi untuk tiba di sini. Tahukah kamu ? jika desa tongging masuk dalam kawasan Gunung Sipiso-piso, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Botak oleh masyakarat lokal. Disebut botak karena tidak adanya vegetasi di sana. Hal ini disebabkan perkembangan tumbuh-tumbuhan di area sekeliling letusan Gunung Purba Toba yang melamban.

About BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Check Also

Chapter 3 : Liputan Trip Pendakian Perdana Gunung Kerinci, Gunung Hulu Sangir dan Danau Gunung Tujuh, Jambi

Melanjutkan cerita di chapter sebelumnya, sebagian teman-teman memilih untuk gak ikut naik ke Gunung Hulu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *