Home / Blog / Ondel-ondel Raksasa Kebanggaan Masyarakat Betawi

Ondel-ondel Raksasa Kebanggaan Masyarakat Betawi

Main ke Jakarta tak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke daerah Kemayoran. Selain sering dihelat acara-acara khas Jakarta, disini juga terdapat monumen unik yang wajib kalian datangi. Mondel, begitulah masyarakat Jakarta menyebutnya, singkatan dari Monumen Ondel-ondel.

Yap, patung raksasa dari sepasang ondel-ondel yang diresmikan sejak Januari 2014 ini terletak di Jalan Benyamin Sueb atau Runway Kemayoran, Jakpus. Keberadaan monumen khas Betawi ini ternyata mengundang antusias masyarakat Jakarta untuk sekedar memuaskan rasa penasaran sampai mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Sepasang Ondel-ondel Raksasa, Ikon Kemayoran. (foto: dokumentasi BPJ)
“Sepasang Ondel-ondel Raksasa, Ikon Kemayoran. (foto: dokumentasi BPJ)”

Kemegahan Mondel ini bisa dibilang sebagai penyegar di tengah kepenatan lalu lintas bundaran Jalan Runway Kemayoran ini. Tak heran, setiap sore hari banyak warga Jakarta yang menghabiskan waktu santai di sekitaran patung yang dibangun indah di tengan taman ini. Dikarenakan terletak di tengah jalan raya, terkadang pengunjung harus ekstra hati-hati karena banyak kendaraan yang lalu lalang dengan kecepatan tinggi di sekitaran monumen ini.

Monumen Ondel-ondel terlihat megah bersanding dengan gedung-gedung sekitar. (foto: dokumentasi BPJ)
“Monumen Ondel-ondel terlihat megah bersanding dengan gedung-gedung sekitar. (foto: dokumentasi BPJ)”

Mondel dibangun oleh Pusat Pengelola Kawasan Kemayoran (PPKK) dengan tinggi delapan meter. Sepasang ondel-ondel raksasa ini diresmikan oleh Lambock V. Nahattands, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Mensetneg) didampingi Direktur Utama PPKK, Mayjen TNI (Purn) Tabrie, serta Budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

Tak hanya membanggakan sebagai salah satu objek wisata Ibukota, tetapi Mondel juga ternyata menjadi patung ondel-ondel terbesar di dunia. Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana ikut serta dalam peresmiannya sekaligus mencatat Monumen Ondel-ondel ini dalam list MURI. Luar biasa!

Source: poskota.com

About Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Check Also

Liputan Perayaan Ultah Backpacker Jakarta 6 yang ke 3 Tahun

Akhirnya… Hari yang di tunggu-tunggu warga jurasix tiba. Jurasix merupakan sebutan untuk warga Backpacker Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *