ODT 3 Pulau Part 3 (Pulau Edam, Onrust, Cipir)

Kepulauan Seribu memang terkenal destinasi yang menarik untuk dikunjungi, selain letaknya masih di wilayah jakarta tentunya biaya untuk pergi kesana cukup murah untuk yang ingin menikmati suasana jauh dari hiruk pikuk keramaian ibukota. Tidak hanya terkenal dengan wisata airnya yang menarik kep.seribu juga menyimpan destinasi sejarah yang wajib dikunjungi.

Pulau Edam

Pada tanggal 21 Januari 2017 lalu, Backpacker Jakarta sebuah komunitas travelling dengan sistem share cost (patungan) kembali mengadakan one day trip (ODT) 3 Pulau yang mempunyai kaitan sejarah dengan jakarta untuk ke-3 kalinya. Perjalanan ini dimulai dengan titik kumpul di dermaga muara kamal pukul 07.00 Wib. Perjalanan yang dikenai biaya share cost sebesar Rp85.000,- akan dibimbing oleh kak issno dan kak martha sebagai cepe.

cepe martha dan issno

Trip kali ini diikuti oleh 46 peserta dan menyewa 2 kapal. Setelah semua terkumpul  kita mendapat briefing oleh cepe serta membagi peserta untuk menempati kapal satu dan kapal dua. Sebelum menuju kapal masing – masing kami berdoa bersama agar perjalanan tidak ada halangan apapun.

kapal yang kami gunakan

Dan akhirnya kami berjalan menuju kapal masing – masing. Pada pukul 08.15 Wib kapal mulai meninggalkan dermaga cuaca cukup cerah pagi itu. Dengan ditemani pemandangan kanan kiri yang dipenuhi kerambah nelayan serta pesawat terbang yang melintas diatas kapal kami tentunya bisa mengusir kejenuhan perjalanan ini sebelum sampai tujuan. Perlahan air berubah dari hitam pekat khas pesisir ibukota menjadi kehijauan, tandanya kita sudah di perairan lepas.

Tiba di Pulau Edam

Sekitar 1 jam 30 menit kapal kami berlayar akhirnya kami tiba di dermaga pulau edam meskipun awalnya kapal kami susah untuk bersandar karena di dermaga banyak joran pemancing dan dermaga yang terlalu tinggi untuk bersandar ukuran kapal kami, akhirnya kapal putar haluan menuju pojok pulau edam untuk melego jangkar. Yeee akhirnya kami tiba di tujuan pertama yaitu Pulau Edam (Damar) pada pukul 10.00 Wib. Semua peserta trip turun dari kapal dan berjalan menyusuri pantai menuju mercusuar, kami diberi waktu sampai pukul 12.00 Wib oleh cepe untuk explore Pulau Edam. Daya tarik pulau ini adalah mercusuar peninggalan Belanda setinggi 52 meter.

Pulau Edam

Setelah puas menikmati pemandangan Pulau Edam dari atas mercusuar kami bergegas kembali menuju tempat kapal kami bersandar untuk meneruskan perjalanan. Pada pukul 12.10 kami meninggalkan pulau edam menuju pulau kelor. Perjalanan kami diiringi dengan ombak yang kian meninggi dan angin berhembus kencang membuat kapal kami terguncang. Setelah 1 jam lebih perjalanan kami berada di perairan pulau kelor. Tapi apa daya kerena ombak yang kurang bersahabat kapal kami tidak bisa singgah di pulau kelor. Sebagai gantinya kita meneruskan kembali perjalanan menuju Pulau Onrust.

Pulau Onrust

Pukul 13.45 Wib akhirnya kami tiba di pulau onrust. Peserta trip langsung melakukan ISHOMA, kami diberi waktu sampai pukul 15.15 Wib untuk explore pulau. Di pulau ini kami ditemani oleh seorang guide yang menjelaskan sejarah pulau onrust.

Berkeliling Pulau Onrust

Sebelum rombongan kembali ke jakarta, kami mengunjungi pulau cipir dengan waktu penyebrangan kurang lebih sekitar 20 menit dari pulau onrust.

Pulau Cipir

Pada pukul 17.00 kapal kami meninggalkan pulau menuju dermaga kamal muara. Dengan temani sunset di teluk Jakarta akhirnya kami tiba di dermaga kamal muara sekitar pukul 17.45 Wib. Dan itu berarti berakhirnya trip ini.

Sebelum kembali ke muara kamal

Itulah sedikit cerita dari ODT 3 pulau dari kami. meskipun ombak kurang bersahabat hal itu tidak mengurangi keseruan kami dan perjalanan ini lancar tanpa kendala apapun.