Home / Blog / Museum & Sejarah / Objek Wisata Pendidikan Museum Kebangkitan Nasional – Jakarta Pusat

Objek Wisata Pendidikan Museum Kebangkitan Nasional – Jakarta Pusat

Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah museum sejarah yang besar dan indah di Jakarta, namun museum ini mungkin merupakan salah satu tempat dan obyek wisata pendidikan yang paling sedikit dikunjungi di kota ini. Bisa jadi karena kurangnya liputan sehingga saya pun baru mengetahui keberadaannya sekitar tiga bulan yang lalu, atau karena letaknya yang agak tersembunyi meski masih berada di jantung Jakarta Pusat.

foto : farrago.co.id
foto : farrago.co.id

Museum Kebangkitan Nasional berada di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 26, tidak jauh dari Pasar Senen, Jakarta Pusat. Bangunannya mulai dibuat pada tahun 1899, selesai pada tahun 1901, dan diresmikan sebagai gedung STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Arsten) pada bulan Maret 1902. STOVIA adalah sebuah sekolah kedokteran yang diperuntukkan bagi pelajar pribumi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun STOVIA kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba No. 6 pada tahun 1920, dan lima tahun kemudian gedung bekas STOVIA ini digunakan untuk MULO (setara dengan SMP), AMS (setara dengan SMA), dan Sekolah Asisten Apoteker.

foto : id.wikipedia.org
foto : id.wikipedia.org

Museum Kebangkitan Nasional menyimpan berbagai koleksi perabotan, jam dinding, lampu antik, genta, perlengkapan medis, pakaian, senjata, foto, diorama, lukisan, patung, peta, miniatur dan koleksi lainnya. Miniatur sebuah kapal tradisional Bugis Pinisi dari Sulawesi Selatan yang sangat terkenal itu pun juga terdapat di Museum Kebangkitan Nasional. Ada pula sebuah miniatur kapal kolonial Belanda di dekatnya.

foto : nrmnews.com
foto : nrmnews.com

Nama asli bangunan Museum Kebangkitan Nasional masih dipertahankan dan bisa ditemukan di atas gerbang masuk. Pengelola Museum Kebangkitan Nasional mungkin perlu memindahkan papan nama ke sebelah kiri, menyudut 45 derajat, menghadap para pengendara yang melintas di jalan satu arah itu.

foto : farrago.co.id
foto : farrago.co.id

Pada April 1973, pemerintah DKI Jakarta melakukan renovasi terhadap gedung Museum Kebangkitan Nasional ini, dan setahun kemudian, tepatnya pada 20 Mei 1974, almarhum mantan Presiden Soeharto meresmikan gedung ini dengan memberi nama Gedung Kebangkitan Nasional.

foto : 60museumjakarta.blogspot
foto : 60museumjakarta.blogspot

Museum Kebangkitan Nasional adalah tempat yang cocok dan perlu kunjungi bersama anak-anak untuk mendapatkan pemahaman dan pembelajaran yang lebih baik tentang para tokoh dan peristiwa yang terjadi dalam masa pergerakan nasional.

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Mari Kenali 5 Istana Kerajaan Di Sumatera Utara

Istana adalah sebuah bangunan besar atau mewah yang biasanya didiami oleh keluarga kerajaan, keluarga kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *