Home / Blog / Air Terjun / Nokan Nayan , Air Terjun tertinggi di Kalimantan

Nokan Nayan , Air Terjun tertinggi di Kalimantan

Air Terjun Nokan Nayan atau biasa disebut Air terjun Nohkan Lonanyan adalah sebuah air terjun tertinggi dan terbesar yang ada yang berada di pedalaman Kalimantan. Air Terjun Nokan Nayan juga disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terindah yang ada di Indonesia karena bentuknya yang indah dan debit airya yang cukup besar.

sumber : youtube.com

Air Terjun Nokan Nayan memiliki ketinggian hingga mencapai 180 Meter dan lebaranya cukup luas dengan bentuk menyerupai Air terjun Niagara. Air Terjun Nokan Nayan terletak di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Nohkan sendiri dalam Bahasa Ot Danum (salah satu adat di kabupaten Sintang) berarti Air terjun dan Lonayan adalah nama sungai dimana Air Terjun Nokan Nayan berada.

Masyarakat percaya Air Terjun Nokan Nayan merupakan kampung mahluk halus sehingga Air Terjun Nokan Nayan sering dijadikan tempat ritual adat tertentu oleh masyarakat setempat. Air Terjun Nokan Nayan memiliki dua air terjun dengan dua sumber aliran sungai berbeda tetapi kedua aliran tersebut akan menyatu dan jatuh membentuk Air Terjun Nokan Nayan dan Air Terjun Jongonoi. Air Terjun Jongonoi terbentuk tepat disisi Air Terjun Nokan Nayan dari aliran Sungai Jongonoi namun ketinggianya sama.

Video Liputan Pemerintah Setempat

Debit air saat hujan akan menjadi lebih besar dan percikanya atau cipratan airnya hingga bisa menjangkau wisatawan yang posisinya cukup jauh dari air terjun. Derasanya aliran air membuat kawasan sekitarnya dipenuhi kabut dan nampa seperti asap. Jika siang hari akan muncul pelangi diantara kedua air terjun tersebut sehingga sangat indah dan mempesona. Pemandangan lainya yang disuguhkan dari kawasan air terjun ini adalah hamparan hutan hijau dan aliran sungai yang dipenuhi bebatuan menjadikan kawasan ini sangat indah dan alami.

Akses menuju Air Terjun Nokan Nayan sangat sulit karna beberapa kali menempuh perjalanan darat, sungai dan berjalan kaki. Namun salah satunya jalur yang umum dilalui adalah melewati pusat kota Kabupaten Sintang. Karena air terjun ini belum begitu diekspose dan dikunjungi wisatawan maka belum banyak petunjuk atau akses yang mudah dilalui.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *