Home / Blog / Museum & Sejarah / Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. Kini museum sumpah pemuda dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Museum ini dibuka untuk setiap hari Selasa sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 hingga 15.00. Sementara hari Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00—14.00 WIB. Sama dengan museum lainya, museum sumpah pemuda juga setiap hari Senin dan hari besar nasional, museum ini ditutup untuk umum.

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda tahun 1928 dan itulah mengapa museum ini dinamakan museum Sumpah Pemuda. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional. Awalnya Bangunan di Jalan Kramat Raya 106 ini menjadi tempat dibacakannya Sumpah Pemuda yang sebelumnya digunakan untuk pelajar dan mahasiswa dibawah naungan Sie Kong Lion.

foto: berdikarionline.com
foto: berdikarionline.com

Gedung Kramat 106 sempat dipugar Pemda DKI Jakarta 3 April-20 Mei 1973 dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 20 Mei 1973 sebagai Gedung Sumpah Pemuda. Gedung ini kembali diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 Mei 1974. Dalam perjalanan sejarah, Gedung Sumpah Pemuda pernah dikelola Pemda DKI Jakarta, dan saat ini dikelola Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

foto : detik.travel
foto : detik.travel

Sumber : wikipedia

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Tour The Museum edisi WALTEVREDEN

TOUR THE MUSEUM EDISI WALTEVREDEN BACKPACKER JAKARTA Halo guys, 😍 Ingat Jas Merah ? Yapp …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *