Home / Blog / Pulau / Menyusuri Keindahan Cagar Alam dan Taman Wisata Pulau Pombo

Menyusuri Keindahan Cagar Alam dan Taman Wisata Pulau Pombo

Pulau Pombo merupakan salah satu pulau kecil di Kabupaten Maluku Tengah. Terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku, yang luasnya hanya 1.000 hektar, dan 90% wilayahnya adalah laut. Pombo berasal dari bahasa Portugis yang artinya Burung Merpati, hal ini karena pulau ini merupakan habitat dari burung Endemik Maluku yaitu Pombo Moluccensis. Pulau Pombo merupakan pulau yg tak berpenghuni. Oleh karena itu jika akan ke pulau tsb harus membawa perbekalan dari rumah.

wisata Pulau Pombo

Pulau Pombo memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistemnya yang cukup tinggi, oleh sebab itulah Pulau Pombo dijadikan sebagai kawasan konservsi baik daratan yang ditunjuk sebagai cagar alam maupun perairan yang mengelilinginya sebagai taman wisata alam laut. Di pulau ini kita bisa berenang, snorkling, menyelam, memancing, trekking, pengamatan burung, jalan kaki mengelilingi pulau, dan berbagai aktivitas wisata alam lainnya.

pulau pombo

Pulau Pombo merupakan satu dari sekian surganya para pecinta dunia bawah air dan pecinta aktivitas pengamatan satwa liar. Hal ini karena pulau Pombo memiliki pemandangan laut yang sangat indah yang tersusun rapi dan sangat alami dengan keanekaragam satwa lautnya. Didukung pula dengan keanekaragaman satwa liar lainnya yang ada di daratan.

Pulau Pombo secara administratif terletak di kecamatan Salahhutu, kabupaten Maluku Tengah. Akses menuju pulau ini dari kota Ambon menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Tulehu, sekitar kurang lebih 1 (satu) jam dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju pulau pombo sekitar 15-20 menit dengan harga sewa berkisar antara 300-500ribu. Bisa juga dengan menggunakan perahu nelayan dari pelabuhan Hunimua dengan harga kurang dari 100ribu.

Editor : dimasgalih.tourism

About Hary Ahmad

Check Also

Batu Unik Mirip Kelamin Pria Ada di pulau Burung

Pulau Burong atau yang artinya Pulau Burung adalah salah satu pulau dari sekian banyak pulau …

One comment

  1. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *