Home / Blog / Goa / Menilik Nominasi Warisan Dunia, Karst Sangkulirang, Mangkalihat, Kalimantan Timur

Menilik Nominasi Warisan Dunia, Karst Sangkulirang, Mangkalihat, Kalimantan Timur

Terletak di Provinsi Kalimantan Timur atau lebih tepatnya di Kabupaten Kutai Timur. Dimulai dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten berau dibentengi oleh kolompokan karst yang berukuran raksasa dan apabila masuk kedalam Karst Sangkulirang akan dikelilingi oleh dinding dinding terjal, goa bawah tanah serta lukisan alam nan eksotis dengan hijaunya perbukitan yang akan menyulap matamu menjadi terkagum kagum.

Menurut hasil penelitian, kawasan karst ini memberi informasi tentang jejak manusia purba yang bisa dilihat dari lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua dan konon telah ada sekitar 10.000 tahun SM. Disini juga ditemukan tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat, serta alat-alat yang terbuat dari batu. Masih dari hasil penelitian, diperkirakan penyebaran rumpun manusia purba Austronesia diawali dari pegunungan karst Sangkulirang. Ini artinya, Karst Sangkulirang Mangkalihat menjadi titik awal kemunculan manusia purba yang ada di bumi pertiwi.

Di tempat ini terdapat situs berharga, seperti untuk bidang plaeontologi, arkeologi, situs fosil, struktur geologi-mineral, litologi, serta beragamnya flora dan fauna endemik. Keberadaan gua-gua, sungai bawah laut, cadangan batu kapur dan bahan semen pun cukup melimpah sehingga cocok sekali dijadikan spot pariwisata alam.

Ternyata penemuan lukisan di goa-goa karst tidak hanya menghubungkan kembali sejarah awal keberadaan manusia di Kalimantan yang sempat terpendam, melainkan juga menunjukkan betapa pentingnya kawasan ini bagi kehidupan yang ditopangnya. Tak heran jika pemerintah Kalimantan Timur mengusulkan kawasan ini sebagai World Heritage Site oleh UNESCO.

Sumber : https://www.pegipegi.com

About guntur_rendezvouz

Check Also

EKSPLORE KEBUMEN #3 BACKPACKER JAKARTA

EKSPLORE KEBUMEN #3 BACKPACKER JAKARTA ===================== Hay gengs..😍 Buat yang ke tiga kali nya BPJ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *