Home / Blog / Museum & Sejarah / Mengenal Kehidupan asli Indonesia dan Tumbuhan di Museum Etnobotani

Mengenal Kehidupan asli Indonesia dan Tumbuhan di Museum Etnobotani

Buat kamu pecinta seni dan budaya Indonesia, dan ingin mengtahui sejarah Indonesia, bagaimana kehidupan mereka, makanan mereka dan lainnya. Silahkan berjelajah ke museum Etnobotani. Museum Etnobotani ini kamu bisa melihat berbagai artefak atau peninggalan materi yang terbuat dari tumbuhan dan fungsinya dalam kehidupan suku-suku asli Indonesia.

museum etnobotani bogor

Museum ini menyajikan beberapa tumbuhan yang dijadikan bahan baku seperti daun pandan diolah menjadi tikar, topi, tas, dan lainnya. “Rumbia” yang dijadikan atap dan bentuknya dijadikan simbol rumah adat Suku Batak. Setindaknya sekitar 50 koleksi dengan berbagai tema yang tertata dalam 5 lajur. Setiap lajur menawarkan masing-masing tema yang berbeda. Beberapa tema yang bisa kamu lihat pada koleksi museum ini seperti “Permainan Anak-Anak”, “Labu Minum” dan “Pakaian”. Selain itu eberapa sisi museum, kamu bisa menemukan koleksi yang berkaitan dengan kehidupan manusia, seperti alat berburu, peralatan untuk mengangkut barang, peralatan tenun tradisional. Semua dipamerkan dalam bentuk ukuran sebenarnya dan terbuka.

museum etnobotani bogor 2

Beberapa stoples juga menjadi bagian dari koleksi museum ini yang berisi specimen tanaman yang diawetkan. Koleksi tanaman diawetkan ini diambil dari seluruh nusantara yang ada di Indonesia dan kemudian dikeringkan, disimpan dan diberi label keterangan. Semua koleksi ini lebih baiknya kamu nikmati secara langsung, karena system penerangan dan tertata baik membuat kamu tidak bosan untuk berkunjung ke museum satu ini.

museum etnobotani bogor 3

Lokasinya tidak jauh ko! Bertempat di Jalan Juanda no 22-24, Bogor, Jawa Barat. Sebrang Istana dan Kebon Raya Bogor. Kamu bisa menggunakan jasa kereta api listrik dari stasiun kamu naik angkot jurusan Ramaya turun Di Museum Etnobotani Indonesia atau “HERBARIUM BOGORIENSE”. Ayo cintai museum Indonesia!

About YENI FOUNDA ZAHRIAL

Check Also

Jejak Perjuangan Kemerdekaan RI Di Museum Joang 45, Jakarta

Terletak di Jalan Menteng Raya No.31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Museum Joang 45 merupakan salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *