Home / Blog / Gunung / Mengejar Sunrise Dan Blue Fire di Gunung Ijen

Mengejar Sunrise Dan Blue Fire di Gunung Ijen

Pasti sudah pada tahu bukan dengan yang namanya Gunung Ijen di Banyuwangi. Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 Mdpl ini terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Gunung Ijen atau yang lebih banyak di kenal dengan Kawah ijen menawarkan banyak keindahan dan fenomena alam yang luar biasa.

Fenomena Blue Fire Foto Wikipedia
Fenomena Blue Fire
Foto Wikipedia

Kawah Ijen, Sunrise yang memukau dan yang paling dicari oleh para wisatawan yaitu fenomena Blue Fire atau Api Biru, adalah beberapa daya tarik yang dapat kita temui di Gunung Ijen. Uniknya lagi adalah bahwa fenomena Blue Fire ini hanya ada di dua tempat di Dunia yaitu di negara Indonesia (Banyuwangi) dan Islandia.

_20160803_115039

Untuk dapat menikmati indahnya Blue Fire dan juga Kawah Ijen, maka kita harus mulai pendakian pada saat tengah malam. Jalur Pendakian sendiri dibuka pada pukul 01.00 WIB dini hari. Perlu diperhatikan jalur pendakian ke Ijen sebelum sampai ke Pos Bunder, hal ini karena sangat nanjak dan berpasir serta berdebu. Oleh sebab itu harus dipersiapkan masker yang tebal. Selain itu, pengunjuk juga diharapkan untuk lebih hati-hati supaya tidak terperosok ke belakang karena pasir yang licin.

_20160803_115105

Sesampainya di puncak Ijen, kita harus menuruni tebing ke bawah dengan latar belakang jalan yang banyak terdapat batu belerang dan lumayan curam. Jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut maka kita akan beruntung mendapati Blue Fire yang sangat mempesona. Walaupun dengan kepulan asap dari tambang Belerang, serta bau Belerang yang kadang membuat mual dan mata pedih, namun semua akan terbayarkan pada saat kita menyaksikan Blue Fire dan Kawah yang mempesona dari Gunung Ijen. Sungguh merupakan sebuah pemandangan yang sangat langka.

_20160803_115018

Naik ke Puncak Gunung Ijen kita bisa menikmati Sunrise yang indah dan juga berfoto foto dengan latar belakang Kawah dan Gunung Ijen. Memang untuk sampai ke tempat ini membutuhkan perjuangan yang ekstra. Namun semua akan tergantikan dengan keindahan alam yang ada di disini sejauh mata memandang. Nah Buat teman-teman yang ingin berkunjung ke sini memang harus dalam kondisi fisik yang prima.

Selain itu juga membawa perlengkapan seperti masker, sarung tangan, jaket yang tebal, obat obatan, bekal makanan dan minuman dan kamera tentunya buat yang hobi fotografi. Selalu ingat untuk menjaga diri, jaga sikap dan bicara, serta membuang sampah di tempat yg sudah di sediakan yaa. Jadi tunggu apa lagi, mari kita berburu Blue Fire di Gunung Ijen Banyuwangi.

Editor : Dimas

About Hary Ahmad

Check Also

Pendakian Gunung Guntur Dan Penanaman Bibit Pohon

Gunung Guntur ? Yupz, siapa sih yang gak kenal sama Gunung Guntur! Gunung yang sering …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *