Home / Blog / Alam & Taman / Mengejar Pesona Ulu Kasok ala Raja Ampat di Kampar

Mengejar Pesona Ulu Kasok ala Raja Ampat di Kampar

Foto by Portal Pemerintah Provinsi Riau

Hallow para instagrammable!

Baru baru ini ada destinasi yang sedang booming di media sosial terutama di Instagram dan dikunjungi oleh para wisatawan terutama yang berada di daerah Kabupaten Kampar yakni “Ulu Kasok”. Objek wisata ini terdapat di Pulau Gadang, XIII Koto Kampar, Kampar, Provinsi Riau.

Pulau ini terdiri dari bukit-bukit yang gak ikut terendam oleh genangan air bendungan PLTA Koto Panjang. Pulau itu masih ditumbuhi pepohonan yang sangat rindang dan sebagian terdiri dari pohon karet milik masyarakat sebelum adanya genangan PLTA Koto Panjang.

Saking indahnya panorama Ulu Kasok, banyak yang menyebutnya Raja Ampat nya Sumatera karena dari puncak bukit kita bisa melihat gugusan pulau-pulau yang indah di dalam Danau PLTA Koto Panjang.

Nah, untuk menginjakkan kaki kesini, jika kalian berada di luar pulau sumatera kalian dapat menggunakan pesawat dan turun di kota pekanbaru. Dari kota pekanbaru dilanjutkan dengan menempuh jarak 90 km. Jika kalian dari bangkinang jarak tempuh untuk sampai ke tujuan sekitar 15 km. Pulau Ulu Kasok ini letaknya di pinggir jalan nasional Sumbar – Riau. So, sangat mudah untuk menemukan lokasi ini.

Untuk masuk ke lokasi Ulu Kasok, pengunjung dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau yakni kurang lebih Rp10.000,-/orang dan parkiran Rp5.000,-/kendaraan.

Bagi kalian yang ingin menikmati Puncak Ulu Kasok kalian harus berjalan kaki dan mendaki kurang lebih 500mdpl. Tapi jangan khawatir, walaupun meneteskan keringat cukup banyak, sesampai di puncak kalian akan disuguhi pemandangan indah seolah sedang melihat Raja Ampat, di Papua Barat. Di atas juga sudah banyak penjual minuman serta disediakan lokasi foto dan tempat duduk menikmati keindahan alam.

Lain hal nya jika kalian ingin mengelilingi pulau Ulu kasok. Kalian harus berjalan sekitar 600 meter ke tepian danau. Di sinilah titik point untuk menaiki speedboat. Dengan membayar Rp15.000,-/orang kalian bisa berkunjung ke beberapa pulau di antaranya Pulau Qeis, Pulau Trend Camp dan Pulau Fada Englands. 

Foto by Trip Riau

Lokasi wisata yang satu ini akan banyak di benahi karna pengunjung yang bertambah banyak. Dan disini akan di tambah juga kolam renang apung di tengah danau dan flying fox antar pulau yang akan menjadikan tempat ini menjadi objek wisata yang diminati.

Buat kalian yang penasaran yuk segera kunjungi objek wisata ini :)

Video By RSI FM

Referensi by http://www.suarakampar.com

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

1000 Wajah Di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Pulau cantik yang hanya memiliki luas daratan hanya 5% dan 95% sisanya adalah lautan luas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *