Home / Kuliner / Mencicipi Kelezatan Bubur Pedas Khas Sambas, Kalimantan Barat

Mencicipi Kelezatan Bubur Pedas Khas Sambas, Kalimantan Barat

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya bubur?? Bubur merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi dan kaya nutrisi. Kalau kamu pecinta bubur, kamu harus coba hidangan bubur tradisional dari Suku Melayu Kota Sambas Kalimantan Barat ini. Meski sebatas bubur, namun jenis kuliner yang dikenal dengan Bubur Pedas memiliki varian rasa yang berbeda dari bubur-bubur yang beredar.

sumber foto: m.detik.com

Di kota Sambas, makanan bergenre bubur ini memang tak hanya disajikan ketika bulan Ramadhan saja. Bubur pedas bahkan telah menjadi kudapan sehari-hari yang telah menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung di kota ini. Bubur dengan bahan utama beras yang ditumbuk hingga teksturnya sangat lembut dibandingkan dengan bubur pada umumnya. Dalam pengolahannya, dipadukan dengan kelapa sangria dan pewarna alami berupa kunyit.  Untuk bumbu rempah sendiri biasanya digunakan bawang merah dan putih, ketumbar, lada, cabai, daun serai serta daun salam untuk menciptakan aroma gurih.

sumber foto: merah putih.com

Bubur pedas khas Kalimantan Barat, dinilai memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Sebab dalam pengolahannya dikombinasikan dengan sayur-sayuran seperti daun kesum yang merupakan daun khas Kota Sambas dengan aroma khas yang wangi. Sayuran lainnya berupa kacang panjang, wortel, kol, tauge, kangkung hingga daun pakis. Yang menjadikannya makin berbeda dengan bubur biasanya, yakni penyajiannya yang dicampur dengan sedikit ikan teri, kacang goring, daun bawang beserta saos dan kecap plus perasan jeruk limau untuk menambah citarasa. Penamaan bubur pedas ini merupakan adanya sambal rawit special sebagai pendamping utama untuk menikmati bubur khas Kota Sambas ini.

sumber foto: wisatapontianak.com   

Nah, kebayang kan nikmat dan pedasnya bubur ala-ala Suku Melayu Kalimantan barat ini guys?? Untuk bisa menikmatinya, tentu saja beberapa warung dan kedai gerobak bubur di Kalimantan Barat ini bisa kalian temui dengan mudah.

sumber foto: m.detik.com

 

Sumber: m.detik.com

About Defi Susisusanti

Foto Profil dari Defi Susisusanti
Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Kuliner Tempoyak Asam Pedas dari Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kota yang dijuluki Borneo, memang tak akan lega jika belum merasakan berbagai macam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *