Home / Editor Picks / Memilih Sepatu Gunung, Layaknya Memilih Pasangan Hidup

Memilih Sepatu Gunung, Layaknya Memilih Pasangan Hidup

sumber foto : google

Sebagai orang yang suka mendaki gunung khususnya para pendaki baik pemula ataupun tidak, tentunya harus mempertimbangkan peralatan yang digunakan untuk mendaki. Salah satunya adalah Sepatu Gunung, atau biasa disebut Sepatu Track. Karna Sepatu Gunung merupakan salah satu “Survival Kit” yang harus diperhatikan pada saat mendaki. Dimana sepatu akan menutupi dan melindungi kaki agar tak terluka yang disebabkan batu batu tajam, kayu runcing, atau duri yang terdapat sepanjang perjalanan. Sepatu juga memberi dukungan yang lebih baik untuk seluruh kaki. Terutama apabila si pendaki membawa beban yang sangat berat, pergelangan kaki yang ditunjang dengan sepatu. Jauh lebih baik dari pada dibiarkan telanjang. Telapak kakipun akan lebih kuat kalau dilindungi sepatu. Ruangan yang ada didalam sepatu merupakan tempat yang aman dan hangat bagi kaki – kaki yang sering berjalan.

sumber foto : google

Pada realitasnya, di zaman yang sudah canggih dan serba ada inipun banyak sekali Sepatu Gunung yang dijual dengan berbagai model dan merk yang dijual di toko-toko outdoor maupun toko online sekalipun. Membuat kita bebas memilih dan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan kita.

Namun, Sepatu Gunung yang seperti apakah yang sebaiknya kita gunakan? Yang keren dan bermerk? Atau mungkin yang harganya mahal sekalipun? Apakah ada standar tersendiri dalam memilih Sepatu Gunung? Apakah yang harganya mahal sudah pasti kualitasnya bagus ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya pasti akan ada didalam benak kita saat kita butuh dan ingin membeli sepatu gunung, apalagi pendaki pemula yang belum paham standar keamanan dalam mendaki. Oke guys, pada dasarnya sepatu gunung yang baik memiliki bagian tepi lehernya selalu dilapisi bahan yang lebih lunak dan menebal, sehingga menghindarkan kemungkinan lecet pada kulit kaki sebagai akibat gesekan tepian leher yang keras. Apabila kalian memakai sepatu yang masih baru, berhati – hatilah terhadap kemungkinan lecet pada tumit kaki.

sumber foto : google

Namun, apakah hanya itu ? Tentu tidak. Untuk memilih sepatu gunung yang baik dan berkualitas jika dinilai dari segi fungsi utama sebagai pelindung kaki dan fungsi estetika, kita perlu memperhatikan dengan baik berbagai aspek yang ada dalam sepatu gunung yang akan kita pilih.

Yuks lagsung aja kita simak tips tips berikut , yang mungkin bisa dijadikan peritimbangan untuk temen-temen yang lagi galau memilih sepatu gunung yang cocok untuk kalian.  Wah, udah kayak memilih pendamping hidup aja yah.

sumber foto : google

  1. Sesuaikan jenis sepatu dengan medan yang akan dihadapi.

Pikirkan baik-baik medan seperti apa yang akan di lalui dalam pendakian yang kita lakukan, pikirkan kemungkinan medan paling buruk yang akan dihadapi, sehingga kita akan dapat menentukan sepatu gunung seperti apa yang kita butuhkan untuk menghadapi medan yang akan dihadapi.

  1. Pertimbangkan ukuran sepatu dengan cermat.

Pilihlah ukuran yang benar-benar pas dengan kaki, sepatu gunung dengan ukuran yang terlalu kecil akan sangat menyakitkan untuk dipakai dan bisa membuat kaki anda cedera, sedangkan sepatu yang terlalu loggar tak akan nyaman dipakai dan cukup mengganggu pergerakan dinamis dari kaki kita.

Namun menurut pengalaman saya, memakai sepatu yang terlalu pas juga kadang bisa menimbulkan cedera, terutama di ujung jari kaki setelah berlarian turun gunung. Untuk itu, lebih baik anda memilih sepatu dengan ukuran lebih satu nomor dari ukuran kaki anda. Lebih dari itu, jika memilih nomor yang terlalu besar akan kurang nyaman dipakai seperti yang saya bahas di atas.

  1. Beban pendakian yang akan anda bawa juga harus jadi pertimbangan.

Perkirakan berat beban yang akan kita bawa saat melakukan pendakian, semakin berat beban yang akan kita bawa, semakin baik juga kualitas sepatu yang kita butuhkan guna mendukung perjalanan pendakian. Sepatu khusus untuk teknik pendakian ultralight akan cepat rusak jika kita mendaki dengan gaya konvensional yang menitikberatkan pada banyaknya barang bawaan.

  1. Pertimbangkan untuk memilih sepatu yang cukup ringan.

Meski harganya mungkin relatif lebih mahal, namun pengurangan beban dari sepatu ini akan membantu meringankan langkah kita. Sepatu jenis ini sangat cocok jika kita penyuka teknik ultralight hiking.

  1. Jenis bahan sepatu juga harus anda pertimbangkan.

Sepatu yang sebagian besar bahannya terbuat kulit memiliki keunggulan pada kekuatan, daya tahan yang prima, anti air, dan breathable (memiliki sirkulasi udara baik), namun memiliki kekurangan pada berat sepatu yang cukup lumayan. Sementara sepatu dengan bahan campuran kulit dan karet sintetis memiliki berat yang lebih ringan, namun kekuatan dan daya tahannya tak lebih baik dari sepatu kulit.

  1. Jangan terlalu terpaku pada harga.

“Harga biasanya tak pernah berbohong” Begitulah kalimat yang banyak dipercaya orang, sehingga timbul anggapan bahwa semua barang dengan harga mahal pasti punya kualitas yang lebih baik daripada barang serupa dengan harga lebih murah. Namun jangan terlalu yakin dan terbuai dengan kepercayaan tersebut. Tidak semua sepatu gunung berharga mahal punya kualitas yang lebih baik daripada sepatu lain berharga murah. Kita harus cermat dan berhati-hati dalam memilih sepatu gunung. Jika memang sesuai kriteria yang kita bahas di tulisan ini, dan juga sangat nyaman dipakai, sepatu berharga murah pun bisa jadi lebih cocok untuk kita beli.

  1. Perbanyaklah bertanya pada si penjual sebelum anda benar-benar membeli sepatu gunung yang anda sukai.

Jangan malu untuk banyak bertanya tentang berbagai hal berkaitan dengan sepatu yang kita sukai sebelum benar-benar deal membeli sepatu tersebut. Bahannya terbuat dari apa? Adakah garansi kerusakan? Apakah sepatu tersebut tahan air? Bagaimana cara terbaik merawat sepatu tersebut? dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membuat kita semakin tahu keunggulan dan kekurangan dari sepatu yang akan kita beli. Jika merasa tak cocok, kita bisa beralih ke sepatu lain.

  1. Jangan lupa untuk mencoba memakai sepatu sebelum benar-benar anda beli.

Hal terpenting yang perlu anda perhatikan dalam memilih sepatu gunung adalah aspek kenyaman saat dipakai. Mencoba sepatu pilihan kita sebelum deal membeli merupakan langkah yang harus kita lakukan. Coba kenakan dan berjalanlah disekitar untuk mengetahui tingkat kenyamanan dari sepatu tersebut. Jika nyaman dipakai, cocok dengan kaki kita, dan tentunya sesuai dengan budget di dompet, jangan ragu lagi untuk segera deal membeli.

Author : Rizky Amalia @kikyamaleader
Referensi dari : http://www.bluetripper.com/2014/11/tips-memilih-sepatu-gunung.html

 

About kikyamaleader

I love travelling & writing so much........

Check Also

Menyentuh Terumbu Karang, Kebiasaan Buruk Manusia Jaman Sekarang

Selamat malam, selamat datang di Bulan September. Pembahasan kali ini masih seputar laut, lebih tepatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *