Home / Member Inspiratif / Member Inspiratif BPJ Of The Month, 14 Agustus 2017

Member Inspiratif BPJ Of The Month, 14 Agustus 2017

Seiring berjalannya waktu, tak terasa ya teman-teman kita sudah menginjak minggu ke-3 di bulan Agustus ini. Tak terasa juga, sebentar lagi kita akan menyambut Hari Kemerdekaan Negara Indonesia yang ke-72. Semakin menuanya umur Bangsa kita ini, telah lahir berbagai generasi-generasi yang menginspiratif kita untuk selalu bangga terhadap kekayaan alam yang ada di tanah air. Di bulan yang penuh semangat 45 ini, kita akan mencoba mengulas sosok wanita tangguh dan inspiratif dari salah satu member BPJ. Penasaran siapa beliau dan seperti apa kisahnya?? Mari kita intip bersama – sama.

Jejak Bunda Asri di Puncak gunung Rinjani

Sosok member inspiratif kita kali ini yakni seorang wanita kelahiran Jakarta, 12 September 1977 yang akrab disapa Bunda Asri. Bunda Asri ini aktif sekali bertravelling meskipun beliau sudah berkeluarga. Beliau mampu memanagement waktu dengan baik untuk mengurus keluarga, bekerja hingga melakukan kegiatan travelling. Karena memang sejak single alias belum menikah ia menekuni hobi bertravelllingnya.


Menurutnya, motivasi utama dalam bertravelling adalah karena kesukaannya akan keindahan Indonesia terutama gunung dan laut, selain itu ia suka main ke pulau serta pantai. Seperti yang dipaparkan oleh beliau, bahwa dukungan untuk ngebolang lebih dominan setelah menikah. Ijin dari suami bisa ia dapat dengan mudah karena memang sehobi, bedanya suami lebih suka main ke gunung daripada mengeksplor pulau. “Kalo dulu waktu masih single, mau travelling susah dapat ijin dari ortu” ujarnya.

Pemilik nama lengkap Asri Maryanti ini aktif banget mengikuti trip yang sering diadakan oleh BPJ. Tak heran, jika beliau ikut menceburkan anak-anaknya masuk menjadi anggota komunitas BPJ tercinta. “kalo si kakak (Adelia Rimba) punya hobi nari, kebetulan setelah lulus SMA nggak ada wadah buat nyalurin hobinya. Trus Adeknya (Elang Bayu) suka naik gunung, makanya masuk RT dan biasanya pasti ikut tripnya pendakian. Intinya BPJ selain mempertemukan orang-orang yang mempunyai kesamaan hobi travelling juga menjadi wadah buat menyalurkan kegemaran lainnya selain jalan-jalan” paparnya dengan sangat jelas ketika ditanya alasan mengapa anaknya dikenalin ke BPJ.

Jika ditanya bagaimana cara beliau mengatur waktu antara travelling dan mengurus rumah tangga, beliau mengaku bahwa aktivitas rumah tangga merupakan tanggung jawab yang harus dipikul bareng-bareng. Jadi tugasnya bisa dirapel sebelum atau sesudah ngetrip. Lagipula, karena anak-anak sudah besar jadi beliau tidak terlalu khawatir ketika pergi travelling. Malahan terkadang, Bunda yang satu ini justru mengajak anak-anak ngetrip bareng sekalian ketika mereka sedang liburan kuliah/sekolah. Seru banget ya liburan ala Bunda Asri dan keluarga ini guys!!

Di puncak Lawu

Berawal dari group FB di tahun 2015 hingga tergabung di RT 5 Komunitas BPJ, Bunda Asri merupakan sosok wanita besar yang tangguh dan sudah menaklukkan banyak gunung di Indonesia. Beliau pernah meninggalkan jejak menapakkan kaki di 13 gunung yang ada di Indonesia. Gunung-gunung tersebut yaitu Ciremai, Gunung Gede, Papandayan, Semeru, Argopuro, Sindoro, Sumbing, Lawu, Andong, Merapi, Merbabu, Latimojong dan Rinjani. Sebab, Gunung merupakan tempat travelling terfavorite versi Bunda Asri. Jika ditanya alasannya kenapa harus gunung, beliau menerangkan bahwa ada kepuasan yang berbeda yang susah dijelaskan setiap bisa berdiri dan menapakkan kaki di suatu ketinggian, terlebih daerah-daerah yang berbau hutan dan lautan awan sehingga destinasi idola memang lebih condong ke gunung.

Pemilik akun IG @laksmi_saraswati ini, tentu punya kendala saat travelling di ketinggian. Kendala utamanya yaitu selalu ketinggalan jalan paling akhir bagaikan sweeper dan mudah lelah, mengingat disebabkan oleh faktor usia dan obesitas. Saat ditanya apa motivasi untuk melawan setiap kendala selama pendakian, beliau mengungkapkan motivasinya adalah tekad kuat untuk sampai puncak. Disaat orang-orang mengejar sunrise Bunda Asri justru memiliki keinginan yang berbeda. Beliau lebih termotivasi untuk mengejar plang di puncak dan hal tersebut wajib hukumnya kecuali kondisi alam tidak memungkinkan dan mengharuskannya gagal summit, hal tersebut tidak menjadi masalah karena lain waktu bisa di remedial lagi. Keren sekali ya teman-teman prinsip dan tekad semangat Bunda yang satu ini.

Selain kendala diatas, tentu Bunda Asri pernah menemui trip dengan tantangan yang berat. Diantara sederet trip yang pernah ia ikuti, trip paling menantang baginya adalah di gunung Rinjani, Latimojong dan Argopuro. Pasalnya, ketiga tempat tersebut treknya pernah membuatnya termehek-mehek. Mulai dari semangat yang sering down dan semakin down saat pendakian hingga perasaan tidak segera cepat tiba di puncak tujuan. Beruntung back up menggiring dengan sabar sehingga beliau tidak perlu remedial untuk pendakian.

Selain bertravelling Bunda Asri juga hobi membaca. Trip paling berkesan bersama BPJ menurut Bunda Asri adalah Trip Belitung Part 1 karena terasa begitu kompak. Namun pengalaman yang menarik dan sulit terlupakan adalah saat pendakian ke Gunung Lawu. Singkat cerita, saat pendakian tersebut adalah pas malam 1 Suro dan Bunda Asri berdua di barisan paling belakang bersama CP Andri. Waktu itu mereka mengalami kejadian horror saat perjalanan menuju Sendang Drajat. Uniknya, Bunda Asri justru malah merasakan ini adalah perjalanan yang seru, karena menurutnya jarang-jarang mendaki bersama BPJ bisa menemui hal-hal mistis semacam itu. Makin tegang makin seru guys.

Prinsip hidup wanita yang berdomisili di Cipinang, Jakarta Timur ini adalah “Merdekakan diri dari hal yang membebanimu agar langkah selanjutnya terasa mudah dan ringan.” Harapan dari Bunda Asri untuk Komunitas BPJ adalah agar kedepannya BPJ lebih solid dan lebih kompak lagi. Rasa kekeluargaan yang sudah ada lebih ditingkatkan. Khusus buat eksplore pulau dan gunungnya mantap, Beliau suka karena bersama BPJ Bunda Asri bisa menjelajah ke pelosok nusantara.


Inspiratif sekali ya kisah dari member inspiratif kali ini, Bunda Asri ini mengajarkan pada kita semangat yang tak boleh padam dalam menghadapi segala situasi dan kondisi untuk mencapai suatu tujuan. Semangat terus Guys.

Salam BPJ.
Salam Backpacker.
Salam Lestari.

Galeri foto Bunda Asri lainnya

Trip belitung
Puncak andong
Trip flores

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Review Hotel Bintang Lima Renaissance Ala Eropa Klasik di Green Hill Universal, Bandung

Hai….! Liburan kali ini kalian mau kemana ? jika gak ada rencana kemana mana, cus …

One comment

  1. kerenlah bunda Asri..
    duitnya ngga abis2 hihi
    3x ngetrip bareng dan selalu seru
    mudah2an bisa ngetrip bareng lagi ya bun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *