Home / Editor Picks / Mau Wisata Ekstrem di Papua? Yuk Mendaki Sampai Puncak Jayawijaya!

Mau Wisata Ekstrem di Papua? Yuk Mendaki Sampai Puncak Jayawijaya!

foto : foto:kemenpar.go.id

Jika untuk berkunjung ke Benua Eropa terlalu mahal, kenapa kamu tidak berkunjung ke daerah timur Indonesia, Papua. Keindahan alam Papua tidak kalah jika dibandingkan dengan negera-negara di Benua Eropa. Express Air bisa mewujudkan impianmu melihat secara langsung kekayaan alam di Indonesia bagian timur tersebut. Inilah deretan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan menggunakan jasa Express Air.

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, keindahan tempat ini sudah jauh terdengar bahkan sampai ke dunia Internasional. Di perairan Raja Ampat, terdapat sekitar 1.551 spesies ikan yang berdampingan dengan terumbu-terumbu karang yang masih dalam kondisi sangat baik. Tak heran, Raja Ampat masuk dalam 10 spot terbaik di dunia untuk menyelam. Jika beruntung, kamu akan berenang bersama hiu karang yang relatif tidak berbahaya, penyu, dan juga dugong atau ikan duyung. Waktu yang paling tepat untuk mejelajahi dunia bahawa laut Raja Ampat sekitar bulan Oktober dan November. Disamping cuaca yang cerah, air juga jernih di bulan tersebut.

Masih di kawasan kepualuan Raja Ampat, tepatnya dikepulauan Waigeo terdapat sebuah teluk bernama Mayalibit. Konon teluk ini dihuni oleh suku Maya, itu kenapa dinamai dengan Teluk Mayalibit. Teluk dengan dinding batuan karang yang kokoh dan ukuran teluk yang begitu besar menjadikan seolah teluk ini membai Pulau Waigeo menjadi dua.

foto : foto:herodianaumalan.com

Destinasi lain yang bisa kamu kunjungi di Papua adalah Teluk Cendrawasih. Teluk ini merupakan Taman Nasional yang dilindungi oleh negara, hampir 90 persen kawasan Teluk Cendrawasih adalah air. Meskipun dilindungi, kamu bisa berkunjung untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Dengan penyelaman yang tidak terlalu dalam, kamu bisa menemukan hampir 206 spesies ikan dan 196 moluska. Tidak hanya menyelam, kamu juga bisa berkunjung di pulau-pulau terdekat, di mana di salah satu pulau terdapat sumber air panas.

Jika kamu berkunjung ke Papua pada bulan Agustus, Lembah Baliem adalah destinasi yang wajib kamu datangi. Lembah yang dihuni oleh tiga suku asli Papua yaitu Dani, Yali, dan Lani ini mengadakan Festival Lembah Baliem. Pada mulanya Festival ini digelar untuk menghilangkan kebiasaan perang antar suku yang sering terjadi di Lembah Baliem. Festival Lembah Baliem sendiri diisi dengan pertunjukkan seni dan budaya. Dikarenakan letaknya di sekitaran pegunung Jayawijaya, suhu di Lembah Baliem bisa mencapai 10 derajat pada malam hari.

foto : foto:kaskus.co.id

Tidak hanya Lembah Baliem yang memiliki Festival setiap tahunnya, pada bulan Juni, Danau Sentani juga mengadakan Festival. Danau yang satu ini merupakan danau terbesar di Papua. Di Danau Sentani kamu bisa berkeliling menikmati keindahan sekeliling danau dengan menggunakan perahu, atau kamu bisa memilih untuk berenang dan juga memancing. Di sekeliling danau juga terdapat berbagai resto yang menyajikan hidangan khas Papua. Selain itu, disekitaran Danau Sentani terdapat sekitar 24 pemukiman  penduduk yang dapat kamu kunjungi untuk berinteraksi dengan mereka.

Kali ini destinasi wisata yang masuk dalam kategori ekstrim, yaitu Puncak Jayawijaya. Puncak yang satu ini merupakan puncak incaran para pendaki dari seluruh dunia. Dengan ketinggian 4.884 dapl menjadikan Puncak Jayawijaya selalu tertutup oleh salju. Gunung tertinggi di Indonesia masuk dalam kawasan Taman Nasional Laurentz. Jadi, jika kamu ingin berkunjung ke tempat yang satu ini, sangat disarankan untuk mempersiapkan diri lebih dahulu. Karena untuk mendakinya pun diharuskan membawa berbagai macam surat, seperti surat dokter dan dokumen lainnya.

foto : foto:hugohasser.com

Itu lah serangkaian destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Papua. Dengan Express Air kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk bisa melihat keindahan-keindahan alam Indonesia, khususnya Papua. Cek tiketnya di Traveloka.

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Check Also

Pantai Berawe Yang Terlupakan

Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara yang memiliki objek wisata yang …

One comment

  1. pengeeeeeen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *