Home / Masjid / Masjid As Safinatun Najah – Semarang

Masjid As Safinatun Najah – Semarang

Masih ingat kah anda dengan kisah Nabi Nuh As, dalam kisah tersebut Nabi Nuh membuat sebuah kapal yang sangat besar untuk menolong kaumnya dari bencana banjir yang besar. Ternyata kisah tersebut telah meberikan inspirasi desain Masjid unik yang didirikan di kota Semarang.

Safinatun Najah atau kapal penyelamat, itulah nama Masjid yang dibuat karena terinspirasi dari kisah Nabi Nuh, dan sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial. Masjid yang dibangun seluas 2.500 meter persegi ini bediri di atas lahan 7,5 hektare di Jalan Kyai Padak, RT 05 RW 05, Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan Semarang ini, berbentuk kapal yang sangatlah besar, lengkap dengan jendela berbentuk bulat, buritan, dan haluan.

Foto by tribunnews

Safinatun Najah ini, yang dibangun tiga lantai ini, selain digunakan sebagai tempat beribadah, dimanfaatkan juga sebagai saranan fasilitas umum seperti perpustakaan, ruang pertemuan, dan klinik kesehatan.

Akses yang harus anda lalui untuk sampai ke Safinatun Najah ini yaitu cukup melewati beberapa perkebunan dan persawahan. Walaupun belum rampung 100 persen, banyak masyarakat yang datang untuk berfoto karena penasaran.

Foto by tribunnews

Bangunan dengan enam pintu utama di samping kanan dan kiri ini memiliki 74 jendela berbentuk bulat yang didesain oleh seorang arsitek. Karena berbentuk kapal, dalam pengerjaannya mengalami kendala di bagian tubuh kapal. Bahan yang digunakan adalah batu bata, sementara di sepanjang pinggir bangunan dibuat kolam agar bangunan benar-benar tampak seperti kapal di atas air.

Foto by Satu Media

Nah, begitulah kira kira konsep pembangunan Masjid As Safinatun Najah. Kita doakan agar segera selesai yan gaes, sehingga wisata religi di Semarang semakin bertambah.

Referensi : https://www.inspiradata.com/; https://radarsemarang.com/

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kalimantan Barat tak akan lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi salah satu wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *